Hosting Indonesia

Hikmah Tahun Baru Islam


Nabi Muhammad shallallahu-‘alaihi-wasallam hijrah ke Madinah, agar beriman kepada Allah subhaanahu-wata’ala dan memupuk kebaikan. Di Madinah, agama tidak Islam aja. Piagam madinah yang ada. Rasulallah hijrah suatu tekad dan niat yang kuat. Baik mental dan fisik. Harus berani dengan tindakan kebaikan walau ada ujian yang banyak. Harus berani maju. Jika kita diberikan amanah maka harus berani untuk menjaga amanah tersebut.

Orang yang mengaku bertuhan itu dia harus berhijrah merubah diri mau maju dan berjuang. Sekalipun dengan harta kita harus berjuang, harus berkorban. Jika tidak dengan diri kita sekalipun. Itulah orang-orang yang mendapat keuntungan.

Jika hijrah karena Allah subhaanahu-wata’ala dan Rasul-nya maka akan beruntung dan jika karena manusia maka tidak akan bbaik baginya. Haidst: "Setiap perkara tergantung pada niatnya." Niat karena Allah.

Hidayah yang tidak bisa diganggu karena haknya Allah subhaanahu-wata’ala. Tidak bisa diukur.
Allah berfirman dalam surat Al Kafirun ayat 6

لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
Artinya : “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku." (QS. Al Kafirun[109]:6) Penghormatan kepada manusia Rohmatal-lil'alamin, Tidak sekedar manusia bahkan seluruh manusia.

Allah berfirman dalam Al Quran surat Al an'am ayat 108 tentang Pedoman kita hidup.


وَلا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ كَذَلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ مَرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Artinya : “Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS. Al An’am[6]:108)

Hubungan manusia tidak boleh pisah. Kita sebagai manusia rahmatal-lil'alamin. Manusia berlomba-lomba menjadi kaya dan berlomba-lomba untuk mencari bahagia. Bukannya Kaya tetapi tidak pernah bahagia terus menerus stres.

Hidayah datang apapun terjadi, maka jika Allah subhaanahu-wata’ala kehendaki maka jadi. Jika konsep kita terapkan inshaallah baik. Jika kita salam kepada orang lain, bagi senyuman maka barokah. Bertutur kata yang baik. Berserah diri pada Allah subhaanahu-wata’ala. Jika belum tercapai Allah subhaanahu-wata’ala akan ganti pada hari akhir. Wallahu’alam bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media