Hosting Indonesia

Sumpah


Ketika terjadi di pasar Madinah di zaman Nabi. Sahabat bersumpah, orang yahudi : Demi musa yang telah memilihnya dibanding makhluk yang lain. Sahabat protes dan diadukan kepada Nabi. Janganlah kau membuli kisah nabi dengan nabi yang lain. Dan tentu saja tidak atas nama sumpah.

Bohong yang terjadi ketika Aisyah dituduh berselingkuh. Nabi dengan rombongan mau menuju Madinah singgah di suatu tempat. Aisyah mencari sesuatu tetapi rombongan sudah berangkat. Aisyah tertinggal dari rombongan tersebut. Sahabat yang bernama Sofan Menaikkan ke untanya. Aisyah dan sahabat Dimadinah terlambat dan baru muncul. Orang-orang di Madinah Bertanya-tanya istri Rasulallah berdua-duaan. Miftoh ikut menyebarkan fitnah tersebut. Aisyah bersabar dan meminta petunjuk kepada Allah. Nabi Muhammad shollallahu’alaihiwasallam : jika Aisyah berkata benar maka katakan itu benar. Hingga wahyu Allah menjelaskan Aisyah tidak berbuat yang seperti itu. Abu bakar adalah yang memberi shadaqah setiap hari kepada miftah bersumpah demi Allah maka aku akan memutus shadaqahnya kepada Miftah.

Allah berfirman dalam Al Qur’an surat An Nur ayat 26.

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ أُولَئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
Artinya : "Wanita-wanita yang tidak baik adalah untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah buat wanita-wanita yang tidak baik (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang di tuduh) itu bersih, dari apa yang dituduhkan oleh mereka. Bagi mereka ampunan dan rejeki yang mulia (yaitu surga)." – (QS.An Nur[24]:26)

Allah tidak sungkan untuk memutus shadaqah. Maka abu bakar cepat-cepat menarik sumpahnya. Sumpah tidak perlu dilakukan jika sumpah-sumpah yang tidak baik. Sumpah yang tidak baik dan bertentangan dengan ajaran-ajaran Allah subhanahu-wata’ala. Sumpah untuk hal-hal yang baik untuk membuktikan hal yang baik. Berhati-hati dalam mengucapkan sumpah. Wallahu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media