Hosting Indonesia

Rasa Percaya Diri

Sahabat Abdullah bin Mas'ud rhadiyallahuanhu

Siapa dia? Awal pertmuan dengan Rasulallah saw. Anak kecil bertubuh kurus menggembala kambing. Ada dua orang dewasa kehausan. Diantara orang tersebut adalah Rasulallah yang anak itu tidak tahu. Berkata bolehkah aku meminta susu dari kambing itu. Anak itu berkata : “Saya tidak bisa memberikan susu itu karena ini milik tuanku.” Rasulallah : begitu jujur anak ini. Beliau berkata “Kau punya unta betina? Ada tidak?” Anak itu menjawab : ada tuan. Kemudian Unta tersebut diusap. Lalu susunya keluar dan meminumnya. Rasulallah mengusap kembali, lalu berhenti susu itu keluar.

Anak itu : “Kalau begitu engkau siapa? Dan aku belum pernah melihat”. Rasulallah memperkenalkan diri dan Abdullah mengikuti Nabi Muhammad saw. Mengikuti perang badar. Abdullah bin Mas’ud terkenal dengan bacaan Al Qur’an yang baik, dan indah. Jika engkau belajar Al Qur’an memiliki suara yang indah. Abdullah bin Mas'ud berkumpul bersama sahabat. Rasulallah bertanya : “Siapa yang mau mengaji di depan orang Quraisy di Makkah?” Abdullah bin Mas'ud menjawab : “Mau membaca atau mengumandangkan Al Qur’an di Makkah.” Ia membaca Al Qur’an dengan surat Ar Rahman. Abdullah bin Mas'ud membuat orang-orang kafir Quraisy, memukulinya. Abdullah bin Mas'ud berkata : “Aku tidak kapok untuk membela Agama ke arah kebaikan.”

Rasulallah bersama Abdullah bin Mas'ud pernah pergi ke bukit, dia diperintahkan oleh Rasullah untuk jangan pergi dan duduk sambil membaca Al Qur’an. Ternyata ia mendengarkan Ada suara, yaitu suara Jin-Jin yang tertarik mendengarkan ayat suci Al Qur’an. Abdullah bin Mas'ud dalam tubuhnya ada cacat. Kakinya kecil sekali, sahabat berkata. Rasul jangan engkau ejek ia, karena jika ditimbang derajatnya sebesar gunung uhud. Ia Mulia dihadapan sahabat lainnya.

Rasa percaya diri harus ada dengan Iman, ketaqwaan dan cinta kepada Rasulallah yang baik. Wallahu'alam bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media