Hosting Indonesia

Hari Raya Qurban


Pengorbanan sejak zaman Nabi Adam, putra beliau qobil dan habil. Qurban yang diterima dan tidak. Qurbannya Nabi Ibrahim terhadap anaknya Nabi Ismail. Firman Allah dalam Surat Al Kautsar ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Artinya : "Maka dirikanlah shalat, karena Rabb-mu; dan berkorbanlah." – (QS. Al Kautsar [108]:2)

Makna
Sembelihan dihari raya pada tanggal sepuluh Dzhulhijjah dan pada hari tasyrik pada tanggal 11, 12, 13 Dzhulhijjah. Mulai awal bulan Dzulhijjah menyelamatkan bulunya, tidak motong kuku karena untuk umroh.

Binatang apa yang di Qurbankan?
Binatang apa yang di Qurbankan adalah yang berkaki empat yaitu kambing, sapi, kerbau, dan unta. Usahakan binatang yang sempurna tidak cacat, tidak pincang, tidak sakit, tidak buta, tidak pincang, dan umurnya cukup. Sebaiknya hewan qurban jantan dan jika betina khawatir hamil hewan tersebut hamil.

Usia hewan qurban sebagai berikut : Domba berusia enam bulan, kambing berusia satu tahun, sapi berusia dua tahun dan unta berusia lima tahun. Harus dilihat hewannya jika membeli. Jika perlu kita sendiri yang memotong. Sebaiknya laki-laki untuk memotong hewan qurban.

Hikmah
Mengenang kisah para nabi terdahulu dan Hubungan kepada Allah dan hubungan kepada manusia, dan supaya niatnya untuk berqurban sampai. Takarrubilallah atau mendekatkan diri kepada Allah.

Sejarahnya
Nabi Ibrahim mendapatkan mimpi. Nabi Ibrahim harus mengorbankan anaknya. Nabi Ibrahim memiliki gelar Kekasih Allah. Untuk membuktikan itu maka Allah menguji Beliau. Kemudian penyembelihan lalu diganti dengan hewan.

Waktu?
Saat terbit matahari sampai hari tasyrik.

Kapasitas
Satu ekor kambing untuk satu orang, satu ekor unta dan satu ekor sapi untuk tujuh orang. Sepertiga disimpan dan daging kurban tidak boleh dijual tetapi dishadaqahkan. Wallahu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media