Hosting Indonesia

Berbesar Hati


Berbesar hati ada tiga.
1. Dermawan, bersedekah. Mengundang acara untuk majelis ilmu. Berbesar hati mendengarkan tausiyah. Jangan lihat siapa yang menampilkan tetapi lihat isi penyampaiannya. Jangan cuma memberi tetapi siap menerima.

2. Pemaaf, maafkan mereka. Lebih diawali dengan kata maaf. Maaf itu penting. Menerima nasihat dan menerima maaf

3. Tawadduk, lawan dari sombong. Bagaimana kita merendahkan diri kita kepada Allah. Anak pemberi nasehat kepada orangtua. Orangtua tidak menjadi rendah dinasehati kepada anaknya. Beri dia sebelum anak minta, agar tidak malu-maluin.

Allah beri hidayah maka menuju jalannya Allah. Dalam kisah Syeh memiliki murid, murid memiliki teman. Ibu dari teman adalah bos pelacur. Ibu si pemuda ini. Murid saya memberi sebuah kaset yang berisi ceramah Syeh Maulana Torik. Setiap hari anaknya memutar kaset/CD tanpa sengaja ibunya mendengarkan. Hingga pada suatu hari ibu berkata siapa orang itu. Dimana dapat kaset itu. Ibu menanyakan siapa itu. Kemudian mencari waktu luwang untuk bertemu Syeh. Ibu dan anak menuju kemasjid. Sampai di masjid. Betulkah anda yang berceramah. Betul kata Syeh. Allah akan mengampuni hamba yang melakukan keburukan atau berdosa walaupun banyaknya seluas dunia. Allah maha penyayang. Ibu ini berkata malam ramadhan dia bertaubat dan seyh adalah saksinya. Allah beri hidayah kepada si Ibu. Kisah ini pada bulan ramadhan. Ibu itu semakin rajin beribadah, shalat berdoa.

RABBIGHFIRLI WARHAMNI WAJBURNI WARFA’KNI WARZUQNI WAHDINI WA’AFINI WA’KFU ‘ANNI.

Artinya: “Ya Tuhanku ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah aku, angkatlah darjatku, berilah aku rezeki, pimpinlah aku, afiatkanlah aku dan maafkanlah aku.”

Berulang-ulang sangibu berdoa. Malam tahajud pada tanggal 29 Ramadhan bersujud. Memohon ampun. Allah mencabut nyawanya. Subhanallah Allah memberikan Hidayah. Kita tidak tahu kita akan meninggal dalam keadaan sombong, atau rendah hati menerima nasehat.

Rasulallah adalah pendakwah, beliau sakit hatinya ketika umatnya tidak beribadah. Bahkan diakhir hayatnya beliau menucapkan ummati...3x maka bertawakallah kepada Allah yang maha pemberi petunjuk. Wallahu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media