Hosting Indonesia

Sambut Ramadhan

Dalil Al Qur’an dalam ibadah Puasa Ramadhan :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang-orang sebelum kamu. Mudah-mudahan kamu bertakwa” (Al -Baqarah:183)

Dari ayat di atas jelas bahwa puasa itu adalah wajib. Artinya jika dikerjakan berpahala, dan jika tidak dikerjakan kita berdosa. Puasa bukan kepada umat nabi Muhammad tetapi umat yang terdahulu Wajib berpuasa. Dalam berpuasa kita hendaklah menjaga agar tidak bolong. Rasulallah tiap akhir sya'ban berkhutbah. Wahai manusia menaungi bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang agung, bulan Ramadhan adalah berkah, bulan Ramadhan adalah kasih sayang, bulan Ramadhan adalah sabar, kita ikhlas tidak mengeluh. Allah akan membalas atas apa yang kita kerjakan. bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an, bulan Ramadhan adalah lailatul qadar. Al Qur’an turun selama ± 23 tahun turun melalui malaikat Jibril. Rasulallah Diangkat pada usia 40 tahun, Al Qur’an turun sesuai peristiwa yang dialami rasulallah. Menerima wahyu selama 23 tahun, beliau tidak bisa menulis tetapi dihafal. Ayat yang pertama turun adalah surat Al ‘Alaq ayat 1-5 di Gua hiro.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ . خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ . اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ . الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ . عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
Artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al ‘Alaq : 1-5)

Al Qur’an adalah pedoman hidup, tidak ada kata terlambat untuk belajar mendalami isinya. Membacanya merupakan ibadah. Jika sudah mengenal bacaan, tidak berdasarkan ilmu tajwid maka ia berdosa. Tetapi Allah memaklumi atas bacaan yang kurang. satu huruf dapat sepuluh kebaikan. Baca agar dapat ridho Allah subhanahuwata’ala.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media