Hosting Indonesia

Kewajiban yang Melaksanakan Jumat

Orang yang akan diberi kebaikan untuk semuanya maka dipahamkan oleh Allah tentang urusan agamanya, dia selalu dipilih oleh Allah untuk gemar menuntut ilmu, sebaliknya dan ia susah dalam urusan agama. bahwa mereka sibuk dg duniawi.

Kewajibn orang yang melaksanakan Shalat Jum'at.
Pengertian shalat jumat, ada beberapa definisi jumat, sebagian ulama, karena terkumpulnya manusia melaksanakan jumat. Ulama lain, karena dahulu bertemunya Nabi Adam a.s. dan Hawa itu di hari jumat, ulaama lain mlalui hadist, karena  Allah kumpulkan organ tubuh Nabi Adam di hari jumat.
Hari jumat adalah hari yang paling utama. Pemimpin dari hari-hari yang lain. Jika dihari jumat itu baik amaliahnya maka baik, jika di hari jum'at itu buruk amaliyahnya maka buruk. Hadist keutamaaan jumat, belum pernah menandingi dari matahari itu tenggelam melebihi hari jumat, ialah hari istimewa.Hadist riwayat muslim, sesungguhnya dari hari jumat, Allah telah memerdekakan 600.000 umat nabi muhammad yang masuk neraka. Siapa saja yang meninggal pada hari jumat, tercatat pahala mati sahid, terbebas siksa kubur. mereka mendapatkan itu apabila amaliahnya baik. Ulama mengatakan, hari jumat lebih utama dari hari Arafah, dari malam lailatul qodar. Hari Kiamat, pada bulan Muharram yang bertepatan pada hari jumat.

Hadist abu hurairah, Orang yang melaksanakan shalat tahiyatul masjid sebanyak empat rakaat setiap rakaat baca surat Al Ikhlas sebanyak 50 x keutamaannya adalah orang itu tidak akan dimatikan kecuali telah diperlihatkan keindahan surga kepada ِاَللّهُ . Bagi siapa shalat jumat itu wajib, setiap orang yang mukallaf, baligh, berakal akil, laki-laki, bermukim tidak bermusfir, dengan tanpa ada uzur dalam hal ini adalah sakit, dari pada keterangan yang telah berlalu. Yang mana akan memberatkan akan melaksanakan jumat, orang yang menunggu orang yang sakit, takut pada dirinya/hartanya sesuatu yg membahayakan (dalam peperangan, terkena musibah perampokan).

Shalat jumat itu wajib bagi setiap mslim laki-laki dalam keadaan berjamak, kecuali empat orang, budak, wanita, anak kecil, dan orang sakit.

Bagi orang yang sakit wajib melaksanakan, jika ia merasakan sakit ketika masuk iqomah untuk melaksanakan shalat. Sangat-sangat tidak memungkinkan untuk melaksanakannya. Dari rumah tidak sakit, ketika iqomah sakit, ia mampu untuk menahannya maka wajib shalat, jika tidak maka sebaliknya, dikatakan uzur.

Bagi orang yang mendengar panggilan adzan, jika tenang, tak ada suara adzan. Orang yang musafir, karena mubah. Panjang yang mana bisa untuk di qasar/jamak shalat, jika dia memenuhi syarat orang jumat, haram bepergian setelah subuh. Jika seblum subuh maka dikatakan musafir, kecuali dimungkinkan melaksanakan jumat di masjid.

Disunahkan melaksanakan shalat berjmaah shalat zuhur bagi orang yang uzur. Misal Musafir berangkat sebelum fajar atau di hari kamis. Shalat zuhurnya sah maka shalat jumatnya pun sah. Baik anak-anak, laki-laki, atau wanita. Sesuai kreteria shalat jumat. Tetapi bagi orang yang tidak shalat jumat, tidak sah takbiratul ihramnya sebelum salamnya imam shalat jumat. Wallahu'alambishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media