Hosting Indonesia

Surah Al Insyirah

Alamdulillah, bisa mengikuti pengajian pada malam ini, kondisi walaupun agak kurang fit ;-) hanya bisa bersykur euy... Ok pada malam ini aku mendengarkan dan menyimak kajian islam yang diselenggaran oleh remaja masjid nurul huda tentang tafsir Al Qur'an bertempat di Masjid Nurul Huda.


Pengajian ini pada malam ini bersama Ust. Khairon dan Remaja Masjid beserta Warga Kampung Islam Gelgel di masjid, membahas tentang tafsir Al Qur’an dari Kitab Tafsir Jalalain yaitu surat Al Insyirah yang berarti Melapangkan. Terdiri dari delapan ayat dan termasuk dalam surat makiyah. Ayat yang pertama sampai keempat menerangkan bahwa perintah Allah kepada Nabi Muhammad saw agar terus berjuang dengan ikhlas dan tawakkal.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan Nama Allah, Maha Pengasih, Maha Penyayang.

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
1. Bukankah Kami telah melapangkan dadamu untukmu?

1. Tidakkah benar-benar Aku (Allah) lapangkan dadamu wahai Muhammad? Dengan apakah Allah melapangkan dada Nabi Muhammad. Dengan dijadikannya Nabi, dengan cahaya supaya nabi benar-benar luas dari berdakwah.

Dari Hadist mengatakan bahwa, dada Nabi Muhammad saw dibedah oleh Malaikat Jibril sebanyak empat kali.
1) Ketika nabi ada dipangkuan Halimatus Sakdiah, wanita yang menyusui Nabi. Usia Nabi pada saat itu ± 3-4 tahun. Dicuci dengan air zamzam, kemudian di isi ilmu, iman dan hikmah. Nabi adalah manusia yang tumbuh tidak seperti manusia biasa seperti kita. Nabi sudah tampak kenabiannya.
2) Ketika Nabi pada usia 10 tahun, dimana beliau hendak akan baligh, malaikat jibril mengisi dada beliau dengan hikmah, berakhlak dan berbudi pekerti yang baik
3) Ketika Nabi akan diangkat menjadi Nabi, untuk diberi wahyu ilmu
4) Pada saat Isra’ dan Mi’raj, pada saat itu akan ketemu pada Allah agar lebih siap berjumpa

وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ
2. Dan mengangkat bebanmu dari (pundak)mu,

2. Aku telah menurunkan angka darimu beban-beban yang memberatkan punggungmu. Dalam surat sebelum turunnya surat ini yaitu surat Ad Dhuha, bahwa syaiton sudah menjauhi Nabi Muhammad dan Allah sudah membuka hati Nabi Muhammad.

Kata Wizrun yang berarti telah aku angkat beban dari dosa-dosa umat Nabi Muhammad. Nabi Muhammad saat memikirkan umatnya, sedikit sakit maka nabi akan merasakan sakit pula. Maka dari itu, beliau meminta kepada Allah SWT untuk memudahkan umatnya pada saat sakaratul maut.

Ulama pertama berpendapat bahwa Allah SWT telah mengampunkan dosa-dosa umat Nabi Muhammad. Pendapat yang kedua Nabi Muhammad diangkat menjadi Nabi sebagai risalah. Dalam hadist mengatakan Nabi mengeluh, bahwa Nabi berkata kepada seorang sahabat : sahabat aku khawatir aku tak mampu untuk menyampaikan risalah. Pendapat yang ketiga kesumpekan Nabi dalam berdakwah. Orang yang sholeh disebut juga Abror. Kedudukan Nabi sangat tinggi, ada seorang sahabat kepada umar bin khattab, seberapa tinggikah kedudukan Nabi? Umar tidak dapat menjawab. Umar adalah shabat yang selalu ada didekat Nabi, mengetahui sabda-sabda nabi tetap umaar tidak mengetahui seberapa besar kedudukan Nabi. Jadi tidak ada yang mengetahui.

الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ
3. Yang telah memberatkan unggungmu?

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ
4. Dan meninggikan untukmu sebutan kamu?

4. Angkat pada adzan, iqomah, khutbah

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
5. Karena sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
6. Sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan.

Kedua ayat ini turun, bahwa orang musyrikin mengatakan orang yang muslim itu mendapatkan kefakiran. Dalam hadist, Wahai sahabat, telah dating sebuah kegampangan dari Allah maka akan dating dua kegampangan untukmu. Hadist yang lain, jika mendapatkan kesulitan maka dua kegampangan akan masuk, kegampangan yang pertama di dunia dan kegampangan yang kedua di akhirat.

Jika kalian melaksnakan shalat, untuk selalu memanjatkan do’a kepada Allah dan merendahkan diri kepadaNya. Hadist mengatakan bahwa Allah membenci kepada orang yang tak memohon pada Allah

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ
7. Maka jika engkau sudah bebas, tetaplah tabah bekerja keras!

وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ
8. Dan jadikanlah Tuhanmu sebagai tujuan [kerinduan] engkau semata!

8. Salalu meminta kepada Allah

Dipengujung pengajian ini beliau memberikan wasiat. Bagaimana Allah angkat beban kepada kita, perbanyak zikir dan berdo’alah. Ada beberapa faedah yang didapat dari surat ini.
1. Barang siapa yang menulis surat ini di satu wadah kaca, dimasukkan kedalam air, kemudian diminumnya, insyaallah akan menghilangkan beban masalah
2. Barang siapa yang menulis surat ini di piring/mangkok kemudian di minum, untuk meminta kecerdasan dan kefahaman dalam ujian
3. Seusai shalat, bacalah ayat ini sebanyak 10x maka Allah akan melapangkan rizkinya, kabulkan hajatnya.
Demikian hikmah dari surat Al Insyirah semoga bermanfaat bagi kita semua. Inti dari semua itu adalah ikhlas karena Allah SWT dalam mengamalkan bacaan tersebut. Allahu'alam

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media