Hosting Indonesia

Shalat Berjamaah Lanjutan...


Firman Allah dalam Surat Al hajj[22]: 73

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ وَإِنْ يَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ضَعُفَ الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ

Artinya : Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat pun walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak akan dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Sama lemahnya yang menyembah dan yang disembah. (QS. Al Hajj[22]:73)

Shalat adalah Salah satu menyembah Allah. Kita shalat terkadang Masih ingat yang lain. Maka Allah ciptakan Lima waktu untuk mengingat Allah. Dirikanlah shalat unyuk mengingat ku. Dapat ditambah shalat sunnah. Rawatib, tahajud, dan lain-lain.

Adapun shalat Berjamaah yang jamaah yang banyak lebih afdhol dari pada yang sedikit. Shalat seseorg berjamaah dengan makmum satu orang dari pada sendirian. Semakin banyak jamaahnya shalat tersebut lebih afdhol dan tinggi derajatnya. Kecuali kalau imamnya ahli bid’ah, kaum syiah, orang yang fasik/terangan-terangan sering berbuat dosa. Imam sebagai pemimpin. Walaupun hanya persangkaan saja. Bahkan lebih baik dengan jamaah sedikit atau sendirian daripada shalat Berjamaah dengan orang fasik.

Begitupula Kita shalat dibelakang orang yang memiliki keyakinan tidak sama dalam memaknai wajib shalat, rukun shalat. Shalat Ada syarat sah shalat, syarat wajib shalat, rukun shalat, sunnah shalat. Rukun : minimal dilakukan shalat. Jika tidak melakukan shalat tidak sah. Rasulallah pernah mengajari orang yang baru mengenal shalat.
1. Takbir
2. Al Fatihah
3. Ruku'
4. Sujud

Atau kalian shalat, yang lebih utama. Ada masjid yang diragukan asal mula harta yang untuk dibangun yang tidak halal dan disalah satu masjid dengan dana halal maka yang dana halal lebih afdhol dari pada jamaahnya sedikit. Bahwasanaya shalat berjamaah dimasjid yang banyak jamaahnya lebih afdhol kecuali yang tadi diatas. Lebih utama jamaah yang sedikit bila mana kita pergi kemasjid jamaah masjid sedikit seperti dua orang saja. Dia datang lebih banyak maka afdol dimasjidnya. dan seandainya, menemukan imam lebih alim dengan jamaah sedikit lebih afdhol dari pada yang jamaah banyak dan imam tidak alim.

Seandainya Ada pertentangan tentang kekhusukan berjamaah dan sendiri. Masih tetap utama shalat berjamaah. Sebaliknya. Khusu' adalah Hati menyambung dengan Allah SWT, bacaan benar, tidak gerak-gerak yang tidak sesuai dengan gerakan shalat. Jika orang itu bertentangan bisa mendengarkan bacaan imam. Jika jamaah banyak tidak mendengarkan bacaan imam maka lebih afdhol jamaah sedikit yang mendengarkan bacaan imam. Wallahu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media