Hosting Indonesia

Fenomena Alam

Iman, Islam dan Ihsan dalam diri kita. Hari yang sejuk berkumpul. Semoga tetap istiqomah melaksanakan Ibadah subuh berjamaah.

Satu bulan kita merasakan fenomena begitu besar, dirasakan semua Indonesia 5 August-31 hal yang sama kita rasakan. Tidak Ada ilmuan yang memprediksi. Semua Akan melihat dari sudut pandang sendiri. Ini merupakan musibah. Imam pakar tafsir. Bahwa dari zaman classic, modern, saat ini bagaimana Terjadi musibah. Bisa jadi positif dan negatif. Sudut pandang beriman meningkatkan derajat ketaqwaan dan keimanan.

Al Quran ibarat lautan itu tidak bertepi. Menyambung begitu banyak makna. Bisa dilihat dari sudut pandang mana saja. Fenomena Gempa bumi. Maka bagaimana Al Quran membicarakan. Begitu banyak lafadz Allah. Dalam firman Allah dalam surat Al zal zalah. Tentu Kita semua petakan, melihat beberapa tafsir ulama. Dari masa pertama sampai Hari ini.

Tafsir
1. Tafsir ijmani, gelobal secara ringkas. Muncul dijaman sahabat. Beliau hidup bersama rasul
2. Tafsir tahlil, analitik, analisa. Bagaimana Al Quran dijelaskan dan ditafsirkan dari berbagai aspek bahasa, budaya, ilmu pengetahuan dll. Pertengahan berlanjut.
3. Tafsir mukarom, membandingkan. Ayat satu dengan ayat yang lain. Ayat dengan hadist. Pendapat mufasir lain.
4. Tafsir maudoin, tematik, membahas Tema tertentu. Dihimpun dalam satu tema dibahas dan dikaji.

Gempa bumi kita bisa di tafsir tematik. Kita bedah Gempa bumi, Klasifikasi ayat :
1. Berkaitan dengan kisah umat terdahulu
Q.S. An Nahl
2. Berkaitan dengan tanda-tanda akan terjadi Hari Kiamat. Hadist tidak akan terjadi sampai Rasulallah memberikan informasi terjadi banyak kejadian. Umur : Umat Islam sampai abad ini. Abad ,15
3. Berkaitan dengan fenomena alam.

1. Zalzalah nafs, Gempa/goncangan jiwa. Galau
2. Arf nafsuha. Gempa bumi
3. Gempa tunggal yang tiada bandingannya. Musa berkomunilasi dengan Allah. Maka terjadilah Gempa sangat dahsyat
4. Gempa beberapa sebab.
a. Karena fenomena alam, kekuasaan Allah. QS. Ab bas. Bekah bumi dengan sebaik-baik nya. Dulu bumi daratan yang besar, kemudian dibelah oleh Allah dengan sebaik-baik nya. Ar rad, dalam bumi Ada lapisan yg berdampingan, / lempeng bumi. Pergerakan lempeng. Gunung pun berjalan. QS. Al Ambiya:30

ilmu pengetahuan manusia teori big bang.
Al Quran berbagai macam teori.
b. Karena interfensi manusia terhadap alam. Ekslporasi alam. Tambang-tambang, baik yang masuk dan di luar bumi. Bukan hanya kekuasaan Allah tetapi ulah manusia.

Gempa Terjadi karena kemaksiatan. dan dosa yang dilakukan oleh manusia. Pada jaman Rasulallah, berada di bukit uhud. Terjadi Gempa. Tenanglah uhud. Diatasmu Rasulallah bersama as Shiddiq, dan saksi. Pada masa Umar. Umar naik mimbar berkata alangkah cepatnya kalian melakukan maksiat. Tak Ada 1 sahabat yang mengingkari Umar. Umar bin abil Aziz, Khulafa 4+1 terakhir beliau. Merintah hanya hitungan Hari. Terjadi Gempa. Beliau mengirimkan Surat. Keluar pada Hari yang telah ditemukan beliau bershadaqah, doa nabi Adam. Doa nabi nuh. Doa nabi yunus.

Anis bin Malik bertemu aisyah: wahai umul mukminin, jelaskan kepada Kami tentang Gempa bumi. Jika pada saat itu orang telah menghalalkan, membolehkan zina. Zina dibangun bukan syariat Islam, khamar dan musik.

Seluruh fenomena bagimana sikap Kita sebagai orang beriman?

Bumi ketika Gempa sesungguhnya bernafas. Kemaksiatan trus Terjadi maka hancur.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media