Hosting Indonesia

Nikah

Definisi nikah, Secara Bahasa makna akad dan berkumpul. Tidak dikatakan nikah kalau hanya akad kalau belum kumpul. Secara istilah menurut ulama nikah makna akad yang dengan akad itu seseorang boleh berkumpul sebagaimana layaknya suami istri. Aqad mempengaruhi status seseorang. Halal Dan menjadi Ibadah. Kumpulnya suami istri menjadi Ibadah.

Tujuannya nikah adalah sakinah, mawaddah, warrohmah. Sakinah adalah keluarga rukun, damai sejahtera Dan harmonia. Yang dihiasi oleh mawaddah cinta Dan warrohmah kasih sayang. Mawaddah adalah ketertarikan seseorang Karena bentuk fisiknya. Itu yang muncul pertama. Kemudian muncul rohmah. Muncul kasih sayang selanjutnya. Mawaddah cinta Karena... Warrohmah cinta walaupun... Dalam satu rumah tangga. Keinginannya jangan ditetapkan karna fisiknya Akan berubah.

Sakinah tujuan orang berubah tangga. Rukun bahagia. Tidak mungkin mempunyai masalah. Real kehidupan akan Ada. Apakah timbul Dari istri, suami, ortu, mertua, anak, lingkungan. Setiap org pasti punya masalah. Memecahkan masalah dengan bijaksana. Bahagia yaitu
1. Sikap saling pengertian. Berbeda Dari suami Dan istri, kemauan, pendapat. Ketika muncul maka Yang pertama saling pengertian. Jika masih permasalahan, maka sabar Dan legowo. Antara adik kakak berbeda apalagi Sama istri/suami. Hati legowo. Sadar pasangan Kita berbeda.
2. Hidup sebagai manusia bukan malaikat. Setiap manusia tidak Ada yg sempurna. Ada kelebihan Dan kekurangan yang Allah titipkan. Ideal hanya diawang-awang. Nilai standard saja. Istri pakaian bagi suaminya sebaliknya. Menutupi kekurangan Kita. Sifat atau fisik jangan diceritakan. Cukup Kita yang tau. Niat mencari solusi. Pilih orang yang tepat. Yang menuntut sempurna belum tentu sempurna.
3.Tanggung jawab suami berat. Membawa dunia akhirat. Menjadi pemimpin dalam Surat An Nnisa. Pemimpin tidak hanya perintah atau marah. Marah pada porsi sesuai. Istri ibu rumah tangga. Istri sebagai istri. Suami memberikan contoh/tauladan. Misal sudah memberikan contoh, jangan langsung marah. Lakukanlah introspeksi diri. Proses sungguh-sungguh. Jadilah pemimpin Yang baik sebagai contoh.
4.Tanggung jawab istri. Kewajiban istri taat perintah suami. Selama printable suami melanggar aturan printah Allah. Jika Ada Salah diingatkan. Posisikan diri sebagai istri. Jika didunia kerja sebagai pemimpin. Maka dirumah sebagai istri.

Insyaallah keluarga sakinah, maka Akan terlahir generasi yang berkualitas. Maka awali Dari suami dan istri.

Wallahau'alam bisshowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media