Hosting Indonesia

Id Mubarok 1437 H

Sejak tadi malam telah berkumandang tasbih, tahlil dan tahmid. Kemenangan besar setelah mejalankan ibadah puasa sebulan penuh. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangnnya dan mengagungkan Allah Subhanahu wata ‘ala supaya kami bersyukur. Hiasilah hari rayamu dengan takbir. Takbir atas kebesaran keagungnya Allah Subhanahu wata ‘ala. Puji syukur untuk rahman dan rahimnya. Tahlil memperkokoh keimanan kita bahwa dialah zat yang Maha Esa seluruh alam semesta tunduk dan patuh kepadanya.

Apabila mereka berpuasa di bulan Ramadhan kemudian keluar merayakan hari raya maka Allah Subhanahu wata ‘ala berfirman wahai malaikat-Ku segala amal kebaikan meminta balasan Aku memberikan seluruh keburukan di ganti kebaikan. Kalian telah berpuasa untuk-Ku maka bangun dengan kemenangan. Banyak pelajaran dan fadhillah bekal mengarungi bekal kehidupan yang akan datang. Fajar hingga matahari sesuatu yang halal menjadi haram di bulan Ramadhan. Aspek sosial Ramadhan. Semua orang pernah merasakan kenyang tetapi tidak semua merasakan lapar. Kita makhluk yang sangat lemah maka kepada siapa lagi kita berharap kecuali hanya kepada Allah Subhanahu wata ‘ala. Alhamdulillah dengan rahman dan rahim Allah Subhanahu wata ‘ala.

Kita mengabaikan hak-hak Allah Subhanahu wata ‘ala? Bahagialah kita dimudahkan untuk sujud dan rukuk karena Allah Subhanahu wata ‘ala. Janganlah karena kesombongan menghalangi mendekati Allah Subhanahu wata ‘ala maka bersyukurlah atas karunia imam dan Islam. Membawa penyesalan naudzubillah minzalik. Apakah selepas Ramadhan mendekat kepada Allah Subhanahu wata ‘ala? Kita tahu tidak. Hanya diri sendiri yang tahu.

Pesan Ramadhan adalah
1. Musuh yang tidak pernah damai yaitu hawa nafsu. Rububiyah keimanan, ketaqwaan dan kesabaran niscaya kehidupan Qur’ani dan insan muttaqin.
2. Sebagai pakaiannya, beri maaf kepada sesama manusia dan orang-orang yang menahan amarahnya dan menahan kesabarannya Allah Subhanahu wata ‘ala beri kebajikan.
3. Orang yang menerima zakat, bantu hidupnya dan memberi kepada orang yang berhak menerima. Ramadhan Terlukiskan sebagai indah dan gerbang syawal. Orang yang hidup kekurangan berkecukupan karena semua umat Allah Subhanahu wata ‘ala. Hadist : “Aku malam bermimpi melindungi wajahnya dari sengatan api neraka kemudian zakatnya melindunginya dari api neraka.”
4. Mengecilkan arti sesuatu yang dimilikinya demi mendapatkan pahalanya. Mengorbankan segala yang kita miliki. Zihad untuk mengendalikan hawa nafsu untuk merugikan dari org lain.

Wallahualam bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media