Hosting Indonesia

Tanggung Jawab sebagai Pemimpin

4 (empat) orang yang masuk surga :
1. Wafat Syahid
2. Orang yang haji mabrur
3. Orang darmawan
4. Orang alim yang memberikan tempat dan syadaqah jariyah.

Kewajiban orangtua memberikan pendidikan kepada anak. Menuntun hukum-hukum Allah subhaa-nahu-wa-ta’ala. Ada orangtua yang durhaka kepada anak atau sebaliknya anak yang durhaka kepada orangtua. Apabila menyimpang maka kita tidak akan luput dari perbuatan.

Hadis Rasulullah yang driwayatkan oleh al-Bukhari dari Abdullah ibn Umar, yaitu:

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما: أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: ألا كلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته فالإمام الاعظم الذي على الناس راع وهو مسؤول عن رعيته والرجل راع على أهل بيته وهو مسؤول عن رعيته والمرأة راعية على أهل بيت زوجها وولده وهي مسؤولة عنهم وعبد الرجل راع على مال سيده وهو مسؤول عنه ألا فكلكم راع وكلكم مسؤول عن رعيته

Artinya :"…… Abdullah bin Umar r.a. berkata bahwa Rasulullah saw telah bersabda, “Ketahuilah: kalian semua adalah pemimpin (pemelihara) dan bertanggung jawab terhadap rakyatnya. Pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya tentang rakyat yang dipimmpinnya. Suami adalah pemimpin bagi keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawabannya tentang keluarga yang dipimpinnya. Isteri adalah pemelihara rumah suami dan anak-anaknya. Budak adalah pemelihara harta tuannya dan ia bertanggung jawab mengenai hal itu. Maka camkanlah bahwa kalian semua adalah pemimpin dan akan dituntut (diminta pertanggungjawaban) tentang hal yang dipimpinnya” (Abu> 'Abdilla>h Muh}ammad ibn Isma>'il al-Bukha>ri>, al-Ja>mi' al-S{ah}i>h} al-Musnad min H{adi>s\ Rasu>lilla>h S{allalla>hu 'alai>hi wa Sallam wa Sunanihi wa Ayya>mihi, jil. III (Kairo: al-Mat}ba'ah al-Salafiyyah, 1403 H), h. 328. )

Setiap kepala atau pemimpin akan ditanya oleh Allah subhaa-nahu-wa-ta’ala. Mengirim fatihah oleh ulama. Imam akan ditanya karena adalah pemimpin. Hati-hati jika sebagai imam. Perlunya kita menuntut ilmu dari alif, ba, ta dan seterusnya. Nantiya kita bisa baca Al Qur’an. Wallahu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media