Hosting Indonesia

Akhlak Rasulallah


Tidaklah seseorang bersyukur pada Allah sampai ia bersyukur pada manusia. Barang siapa yang menunjuki jalan kebaikan maka dia akan mendapatkan kebaikan pahala orang yang mengerjakan kebaikan tersebut. Di antara hal yang mulia, yang ada pada Nabi Muhammad saw. Allah mengabadikan dalam Al Qur’an dari kemuliaan yang diberikan yaitu baiknya Rasulallah.

Sesungguhnya engkau Muhammad orang yang memiliki akhlak yang mulia dan memberikan rekomendasi adalah Allah, yg mengetahui zohir dan bathil hamba-hambanya. Salah satu kemungkinan yang diberikan kepada Rasulallah adalah Suri tauladan dari segala sisi kehidupan.

Firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 21

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
Artinya : "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu, suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (pertemuan dengan) Allah dan (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak menyebut (nama) Allah." – (QS.Al Ahzab[33]:21)

Dalam hal profesi, dalam hal menjadi seorang bapak, dan sebagainya, contoh terbaik adalah Rasulallah. Suami yg paling terbaik, seseorang anak yang terbaik, hamba yang paling terbaik di muka bumi.

Mulailah kita mempelajari dari syirah kehidupan para Nabi dan Rasul. "Demikian kami mengkisahkan kepada Nabi, mengokohkan hatimu." diatas aqidahnya keislamannya yaitu mempelajari syirah.

An Nas bin Malik : “Rasul adalah manusia yang paling baik akhlaknya, shofiyah : aku tidak pernah melihat ada seseorang yang paling baik akhlaknya dibandingkan dengan akhlak Rasullalh. Aku tidak pernah mendengar dari Nabi Muhammad berkata tidak. Bagaimana tidak menyinggung orang lain dan tidak sedih dengan jawbaan yang baik yang di pilih oleh Beliau.

Ada tujuh puluh ribu orang masuk surga tanpa azab. Mereka orang yang tidak mengangap suara-suara burung. Berdo’alah keapad Allah agar engkau termasuk khobarkan. Dari Ukasah : “Beliau tidak mengatakan tidak.”

Fatimah anak perempuan yang paling disayangi. Ia berkata sesungguhnya aku ingin menjadikan seseorang budak untuk mengasuh anak-anakku. Maukah kau tunjukkan kepada Rasulallah yang lebih baik. Sebelum kau tidur Allah akan memberikan kekuatan kepadamu. Beliau mengatur kalimat yang bagus. Bagaiamna akhlak yang diajarkan oleh Allah. Yang terkadang kita tidak tau detailnya. Aisyah : “Dulunya akhlak rasul adalah akhak Al Qur’an. Maksud dan maknanya beliau adalah beliau menjalani perintah dan menjauhi larangan Allah. Baiknya alkhak sesorang mencakup kepada Allah dan baiknya kepada makhluk.

Rasul mengajarkan do’a. Aisyah ra. : “Ya Allah sebagaimana engkau telah mengindahkan dari fisikku maka perbaikilah perbuatanku.” Maka pentingnya akhlak bagi diri kita.

Ya Allah aku meminta perlindungan kepada engkau dari jeleknya akhlak. Perkara penting dalam kehidupan

Baiknya akhlak sesorang yang paling penting adalah baiknya kepada Rasulalh. Ketika hubungan yang tidak baik kepada Allah maka akan bercerai berai dengan penduduk bumi. Allah mencintai seseorang maka cinta orang tersebut, hamba orang di tanam kecintaan dalam dirinya. Yang harus di jaga adalah hubungan kepada Allah. Sejauh mana kita bisa menjauhi larangan Allah.

Akhlak yang paling nampak. Akhlak Nabi kepada Allah. Kita ketahui adalah Nabi utusan Allah beliau menjadi pemimpin. Rasulallah Dalam sholat membaca surat Al Baqarah. Ketika sahabat akan rukuk, ternyata tidak rukuk. Beliau bersambung dengan membaca surat Ali Imron tetapi tidak rukuk sambung dengan membaca surat An Nisa. Kaki beliau bengkak, Aisyah : “Kenapa Rasullah tidak istirahat sejenak. Rasul : Tidak bolehkah diriku menjadi bersyukur. Bukan harta kenikmatan dunia.”

Umar ke rumah istri-istri beliau. Atapnya dapat di pegang. Sangat kecil dan terkadang tidur di pelepah kurma. Nabi apa urusanku dengan dunia mereka. Nikmat yang paling besar Iman dan Islam. Dalam segala kondisi dalam keadaan gelisah beliau selesaikan dengan shalat. Dengan ibadah kepada Allah. Karena tertanam kecintaan kepada Allah.

Barang siapa yang merasakan nikmat surga di dunia maka tidak merasakan surga di akhirat. Ketika hati seseorang rindu maka beribadahlah, niat ibadah kepada Allah. Dalam segala keadaan hidupnya menjadi tenang. Ketika nikamat maka bersyukur dan ketika mendapat ujian maka bersabar.

Rasulallah : “Sungguh benar kehidupan orang beriman tidak ada yang memiliki kecuali orang beriman, diberikan nikmat bersyukur dan ujian bersabar.” Khusnuzon kedapa Allah, hati yang bersih. Orang yang baik hatinya semakin di uji semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Nabi yunus berada di perut ikan hiu. Nabi Yunus berdo’a.

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ.
Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sungguh aku ini termasuk orang-orang yang zalim.”

Nabi Zakaria: dalam keadaan tua renta belum diberikan anak. Kondisi selalu berdo’a. Aku belum pernah kecewa berdoa kepadaMu ya Allah.

Benahi diri kita, masih banyak perbaiki. Umar datang ke kota Himz. Gubernur tidak memperdulikan kami di malam hari. Ada apa? Gubernur : “Aku telah sibuk mengurusi mereka di pagi hari. Aku ingin menghabiskan waktu malamku dengan Allah.”

Barometer kita. Ketika adzan jangan sebagai beban tetapi mari segera dirikan shalat. Apa yang kita lakukan ketika sendiri? Belum punya aklak mulia kepada Allah. Sebelum sibuk kepada orang lain marilah kita perbaiki akhlak kepada Allah.

Akhlak kepada makhluk Allah.
“Dan tidak lah Allah mengutus rasul sebagai penyempurna akhlak.”

Rasul mengajarkan etika. Baik itu dengan jin. “Jangan engkau bersuci dengan tulang belulang karena itu makanan jin.”

Akhlak dengan hewan. Rasulallah menentukan segala sesuai gunanya. jika sembelih hewan dengan baik hendaknya dengan pisau tajam. Unta mengadu kepada Rasulallah : tuanku, ini membuat aku capek. Kata Rasul : “Siapa pemilik unta itu. Jangan engkau membuat ia lelah dan lapar.”

Hak asasi dengan akhlaknya. Pohonpun berkata : Dalam Khutbah rasullah dibuatkan mimbar dari pohon. Pohon ini dipeluk oleh Rasulallah. Teman kita tidak merasa aman jika akhlak kita buruk.

Dajjal. Rasul : “Ketika dajjal apakah sudah datang Nabi. Sangat baik mentaati Nabi.

Kehormatan seorang muslim nyawa, harta, dan nasab. Siapa yang tidak menjaga maka ada balasan. Zina di cambuk 80 cambukan. curi di potong tangannya. Mabuk akan di cambuk.

Apabila kalian sedang bertiga maka jangan saling bisikkan. karena buat dia bersedih. Jangan kau lakukan jaga hatinya. Perasaan seorang muslim harus dijaga.

Barang siapa yang seseorang makan bawang putih merah maka jangan masuk masjid. Maka akan menganggu ibadah orang lain. Dilarang menggangu orang maka dikatakan hina, mencaci dosanya lebih besar. Menjaga penciuman.

Apabila berdahak maka tanam. Rasul melihat ludah ditembok masjid maka beliau membersihkannya agar tidak menggangu org lain.

Marilah pelajari syirah nabawiyah. Memperbaiki hubungan Allah dan manusia serta makhluk. Mencinta orang-orang yang berakhlak sesuai Rasulallah. Dengan cinta dengan amalan tersebut untuk bisa bersabahat kepada Rasulallah. Wallhu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media