Hosting Indonesia

PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP

Nama : Ahmad Rijal
NIM : 13101233
Kampus : STMIK STIKOM Indonesia


PENILAIAN KINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP
(STUDI KASUS : DI STMIK STIKOM INDONESIA) 

BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG MASALAH
Sebagai seorang professional, kinerja dosen juga perlu dinilai. Mulyadi (2007) menyatakan penilaian kinerja adalah penetuan secara periodic efektivitas operasional suatu organisasi, dan personalnya, berdasarkan sasaran strategic, standar, dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Secara umum Penilaian Kinerja adalah proses dimana organisasi mengevaluasi perfoma atau kinerja karyawan dengan tujuan untuk meningkatkannya. Pada prinsipnya penilaian kinerja merupakan cara pengukuran kontribusi-kontribusi dari individu dalam instansi yang dilakukan terhadap organisasi. Nilai penting dari penilaian kinerja adalah menyangkut penentuan tingkat konntribusi individu atau kinerja yang diekspersikan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab.

Penilaian kinerja dosen pada universitas ataupun sekolah tinggi sangat diperlukan untuk melihat bagaimana tingkat kinerja dosen dalam menjalankan semua kegiatan proses belajar mengajar yang ada pada instansi dosen tersebut bekerja. Tujuan penelitian ini dimana ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja dosen yang dilakukan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, mengetahui pengaruh produktivitas kerja dosen terhadap perusahaan dan menentukan kinerja dosen yang terbaik dengan menggunakan metode AHP sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Permasalah yang terjadi karena susahnya Top Management untuk menentukan dosen terbaik maka itu penulis mencoba untuk membuat system pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP yang kesimpulannya nantinya dapat menghasilkan urutan atau peringkat dosen mana yang terbaik dari yang terbaik. hal penulis akan menganalisis dan menguji metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk pengolahan datanya yang nantinya informasi yang dihasilkan berguna untuk pihak Akademik dalam menentukan kinerja dosen terbaik dalam proses belajar mengajar.

2. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan yang akan diselesaikan yaitu:
“Bagaimana membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu pihak STMIK STIKOM INDONESIA dalam pengambilan keputusan untuk penilaian kinerja dosen.”

3. BATASAN MASALAH
Penulis membatasi permasalahan dalam penulisan ini dengan maksud agar pembahasan dan penulisan laporan tugas akhir dapat dilakukan secara terarah dan mencapai sasaran, maka penulis membatasi masalah-masalah antara lain :
3.1. Sistem yang dibangun akan diterapkan pada STMIK STIKOM INDONESIA untuk penilaian kinerja dosen.
3.2. Kriteria yang menjadi syarat seleksi hanya meliputi : Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Aktivitas Internal, Penilaian Mahasiswa.

4. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
4.1. Membangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu pihak STMIK STIKOM INDONESIA dalam pengambilan keputusan untuk penilaian kinerja dosen.
4.2. Membuktikan bahwa metode AHP dapat digunakan untuk menunjang keputusan dalam penilaian konerja dosen.
4.3. Menyelesaikan masalah penelitian kinerja dosen dan kurang objektif untuk mendapatkan hasil kepurusan yang baik sesuai dengan kriteria penilaian yang benar.

5. MANFAAT PENELITIAN
Manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut :
5.1. Bagi STMIK STIKOM INDONESIA :
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk membantu proses penilaian kinerja dosen di STMIK STIKOM INDONESIA.
5.2. Bagi peneliti :
Penelitian ini digunakan sebagai tugas akhir untuk memenuhi syarat kelulusan Strata 1 Teknik Informatika di STMIK STIKOM INDONESIA dan menambah pengetahuan penulis dalam merancang SPK menggunakan metode AHP.
5.3. Bagi Masyarakat
Penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya, terutama bagi mahasiswa STMIK STIKOM INDONESIA yang ingin mengadakan penelitian yang relevan menggunakan metode AHP.

6. SISTEMATIKA PENELITIAN
Laporan ini disusun secara sistematis berdasarkan tata tulis laporan yang telah ditetapkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK STIKOM INDONESIA dengan urutan penyajian sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, keaslian penelitian, manfaat yang diharapkan, tujuan penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II KAJIAN PUSTAKA
Bab ini menguraikan tentang tinjauan pustaka dan landasan teori yang mendukung dalam memecahkan masalah dan analisis-analisis yang digunakan yang meliputi hasil-hasil penelitian terdahulu, tentang pengambilan keputusan menggunakan metode AHP.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini menguraikan tentang langkah-langkah dalam melakukan penelitian yang bertujuan untuk membuat kerangka penelitian secara sistematis dan terarah.

BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menguraikan analisis, perancangan sistem pendukung keputusan penerimaan tenaga dosen.

BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini menguraikan tentang gambaran mengenai pengimplementasian dan penggunaan sistem serta hasil pengujian perangkat lunak.

BAB VI PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media