Hosting Indonesia

Pernikahan


Pernikahan adalah aqad berjanji. Terhadap 3 belah pihak, yaitu Allah, pria dan wanita. Prosesi perpisahan kedua memplai berpisah dari keluarga masing-masing. Menyatukan kedua belah pihak. Firman Allah dalam surat An Nisa ayat 21.

وَكَيْفَ تَأْخُذُونَهُ وَقَدْ أَفْضَى بَعْضُكُمْ إِلَى بَعْضٍ وَأَخَذْنَ مِنْكُمْ مِيثَاقًا غَلِيظًا
Artinya : "Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain, sebagai suami-istri. Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu, perjanjian yang kuat." – (QS.An Nisa[4]:21)

Pernikahan Dilandasi loyalitas kedua belah pihak, memberikan kepercayaan, menghormati dan menghargai, cinta dan kasih sayang. Semua itu agar mencapai harapan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrohmah.

Peristiwa Rasulallah beserta kaum muhajirin dalam hijrahnya. Ada beberapa hal yang dijaga yaitu kedamaian, hendaklah menjaga hubungan silaturahim, komunikasi scara vertikal. Pernikahan adalah penyatuan proses ini tidak ada yang khusus mempelajari melainkan berjalan dikehidupan dan kita harus lalui.

Dalam firman Allah surat Lukman berkata : “hendaklah kedua belah pihak untuk senantiasa bermusyawarah, ta'aruf antara satu dengan yang lain dan saling tolong menolong.”

Istri bergelar master segala ilmu. Pintar masak yang menyajikan hidangan enak, dia juga seorang dokter, dia guru baik agama, bahwa ibu adalah guru pertama kali bagi anaknya. Ketika istri Lulusan baik maka anak baik.

Suami memberikan nafkah, memberikan pakaian indah, istri pakaian suami dan suami adalah pakaian istri. Jangan mencela atau menjelekan istrinya. Jangan memukul bagian wajah. Jangan meninggalkan rumah dalam keadaan emosi.

Dalam di kehidupan suami. Ada perempuan yang ia miliki yaitu
1. Ibu. Pemilik suami adalah ibunya. Sampai ibunya wafat masih tanggungjawab.
2. Istrinya,
3. Anaknya,
4. Adik atau kakak perempuan belum menikah.

Dalam di kehidupan Istri juga ada yang ia miliki
1. Suami
2. Anaknya,
3. Ayahnya,
4. Kakak atau adik.

Mudah-mudahan menyatu dalam kehidupan keluarga. Senantiasa perjalanan mempelai selalu dalam lindungan Allah subhanahuwata’ala. wallahu'alambishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media