Hosting Indonesia

Pemaaf


Shadaqah itu tidak akan pernah mengurangi harta. Bahkan Allah subhanahuwata’ala akan menambahkannya. Dan tidak seorang hamba itu senang memaafkan, senang mengambil maaf kecuali Allah subhanahuwata’ala memberikan kebahagiaan dan kemuliaan. dan tidaklah orang yang tawaduk itu kecuali Allah subhanahuwata’ala akan angkat derajatnya Hadist Riwayat Muslim.

Maka hikmahnya adalah Kita hendaklah Rajin bershadaqah, meminta maaf. Memaafkan sangat susah. Rasulallah menganjurkan untuk memaafkan kesalahan. Bersikap lemah lembut walaupun ada salah kepada kita. Belajarlah kalian untuk memaafkan. Beruntung menjadi orang yang pemaaf. Senang memaafkan maka akan mudah memperoleh kebaikan. Hindari orang-orang yang bodoh/gengsi minta maaf. Kalian akan susah memaafkan orang lain.

Firman Allah subhanahuwata’ala dalam surat Al Araf ayat 199

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ
Artinya : "Jadilah engkau pemaaf, dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh." – (QS. Al Araf [7]:199)

Kisah Rasulallah di kota Thoif. Rasulallah di zalimi oleh kaum disana dan Rasulallah memaafkan mereka.

Bagaimana menyingkirkan rasa gengsi kepada orang lain?

Ketika kita merasa orang itu yang harus minta maaf kepada kita. Berhati-hatilah karena akan ada sifat sombong, khawatir ada sifat seperti itu. Dalam kehidupan kita, Apakah atasan dengan bawahan.. Ketika salah maka minta maaflah. Berdiam-diaman selama tiga hari. Maka itu tidak baik. Ada orang-orang puasa hari senin dan kamis. Segala amal kebaikan diangkat oleh Allah subhanahuwata’ala kecuali amal yang senantiasa tidak meminta maaf atau memberi maaf.

Rasulallah: ada orang yang pernah menghina Rasulallah. Ketika orang itu sakit, maka orang yang pertama yang menjenguk adalah Rasulallah. Rasulallah adalah yang pertama menjenguk orang tersebut. Maka terjadi persahabatn. Jika ada saudara-saudara terkadang tidak mau minta maaf. Sebenarnya tidak boleh begitu. Jika ada salah maka minta maaf. Baik kakak atau adik ataupun sebaliknya.

Minta maaf bukan berarti kalah. Orang sabar jika marah tetap dia tahan. Orang yang kuat itu bukan karena bergulat, atau dengan fisiknya. Tetapi orang yang mampu menahan amarahnya. Hilangkan rasa ujub dan sebagainya. Ingat! Nanti Allah subhanahuwata’ala yang akan mengangkat derajat kita di akhirat nanti. Orang tahu siapa yang salah dan benar tanpa kita mengucapkan.

Wahai orangtua bagaimana jika tidak dibeikan keteladaan kepada anaknya. Wahai ayah/bunda maafkan aku. Orang yang terbaik bukan mencari kesalahan orang lain tetapi mencari kekurangan diri sendiri. Senyumannya, tangisannya. Ingat kadangkala istri minta maaf kepada suami atau sebaliknya. Saat wanita mengandung karena satu kakinya di dunia dan satu kakinya di kuburan karena penuh pengorbanan dalam melahirkan anak atau kita sehingga kita berada di dunia ini. Kita tidak tahu berapa lama Allah subhanahuwata’ala titipkan anak atau bersama kita. Ada masa dimana kita tidak bisa bertemu maka minta maaflah. Wallahu’alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media