Hosting Indonesia

Sudahkah Mereka Bahagia


Firman Allah dalam surat Al Isra ayat 23 dan 24

وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا
Artinya : "Dan Rabb-mu telah memerintahkan, supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya, sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan: 'ah', dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." – (QS. Al Isra [17]:23)

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
Artinya : "Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan, dan ucapkanlah: 'Wahai Rabb-ku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil'." – (QS. Al Isra [17]:24)

Perintah membahagiakan kedua orangtua setelah jangan menyekutukan Allah SWT. Seorang anak tidak mampu membalas kedua orangtua. Ya allah sayangilah menyayangiku sewaktu kecil. Wajib menyayangi mereka. Berbuat baik kepada orangtua. Kesyukuran ibadah tidak diterima jika tidak berbakti kepada kedua orangtua kita.

Apakah dengan membanggakan mereka termasuk berbakti kepadanya. Tidak akan sama pelayanan orangtua terhadap anaknya. Pikiran orangtua panjang ketika mengurus kita. Anakku bisa sukses... Jika kita mengiris pikiran kita, orangtua cepat meninggal dunia.

Ketika anak menangis, karena kesedihan itu adalah kedurhakaan terbesar. Maka berbakti kepada orangtua ketika hidup dan setelah mati. Kita tetap berbakti yaitu dengan mendo’akan beliau, bershadaqah atas nama beliau, berbuat baik kepada saudara beliau diwaktu beliau hidup didunia. Ketika manusia berusaha berbuat baik membalas. Apakah kita brangkat atau mereka. Berikan kebahagiaan senyuman kepada mereka. Jangan pernah membuat orangtua susah. Contoh orangtua melarang keluar malam-malam. Itu pasti ada maksud dan tujuan dari orangtua. Ketika Orangtua meninggal maka anak pasti akan merindukan dan setiap hari senin melihat kelakuan anaknya.

#sudahkahmerekabahagia

Dipaksa oleh orangtua dibalik itu akan bermanfaat buat kita. Seperti dipaksa untuk hafidz quran maka insha Allah barokah. Kadangkala orangtua memikirkan kita untuk masa depan dan Anak memikirkan untuk dirinya sndiri.

عن عبد الله بن عمر وقال ،قال رسول الله صلى الله عليه وسلم رضى الله فى رضا الوالدين وسخط الله فى سخط الوالدين
Artinya : "Dari Abdullah Bin "Amr ia berkata : Rosulullah saw telah bersabda Keridhaan Allah itu ada dalam keridhaan kedua orangtua dan Murka Allah itu ada pada Murkanya kedua orangtua". (HR. Tirmidzi)

Mengangkat derajat sosok orangtua. karena engkau menggapai ridho Allah maka terletak pada ridho orangtua. Ketika kita durhaka kepada orangtua maka kita Dosa. Bukankah anak harus lebih hebat dari orangtua dan dari hal apa saja? Ketika anak sudah dewasa maka anak harus lebih, dalam hal prestasi, lebih dalam hal ibadah, lebih dalam hal penghasilan. Misalkan dalam hal pendidikan, orangtua SMA maka anak S1. Nabi Adam adalah orangtua yang berhasil. Apakah orangtua marah ketika anak lebih hebat. Tetapi mereka bangga kepada kita.

Kita tidak boleh menyalahkan ujian yang diberikan oleh Allah. "Tidak ada musibah tanpa seijin Allah." Ketika kita berusaha untuk baik maka itu adalah Takdir. Kembalikan kepada Allah. Firman Allah dalam Surat Al-Baqoroh ayat 156 :

إنّا لله وإنّا إليه راجعون
Artinya : "sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali". (QS. Al Baqoroh:156)

Wallahu'alambishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media