Hosting Indonesia

Amanah Anak



Allah subhanahuwata’ala memberikan keturunan kepada pasangan suami dan istri seorang anak. Anak adalah Amanah yang diberikan oleh Allah subhanahuwata’ala. Orangtua bertanggung jawab atas amanah yang diberikan oleh Allah subhanahuwata’ala. Sejak dini kita ajarkan anak kita untuk shalat, baik bacaan dan gerakan shalat.

Rasulullah saw bersabda, “Didiklah anak-anak kalian akan tiga hal :
1. Mencintai Nabi kalian,
2. Mencintai Ahlul Baitnya dan
3. Membaca Al-Qur’an!”
(Hadits Riwayat ad-Dailamy)

Ada tiga pelajaran yang perlu kita ajarkan kepada anak kita, diantaranya :
1. Mencintai Rasulallah
Untuk mencintai Rasulalah kita hendaklah Mentauhidkan Allah subhanahuwata’ala, Mengikuti ajaran Rasulullah SAW dan menjauhi larangannya, Mengucapkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad shollallahu’alaihiwasallam

2. Mencintai Keluarga
Firman Allah dalam surat Ar Rum ayat 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya : "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir." – (QS. Ar Rum [30]:21)

Kasih sayang yang terbuka dan terus terang memang mempunyai nilai tambah yang memberi kesan tersendiri. Marilah kita ungkapkan perasaan cinta kita kepada keluarga kita karena Allah dan semoga, Allah juga akan mencintai seluruh anggota keluarga kita.

3. Baca Al Qur’an
Belajar dari Mengenal huruf, tajwid, makna dan tafsir yang terkandung dalam Al Qur’an. Jika hati seseorang sudah mencintainya, maka dia akan merasakan kenikmatan ketika membacanya, merasa senang dan gembira saat bersamanya. Dia akan berusaha untuk mengetahui, memahami dan menyelami arti dan makna yang terkandung di dalamnya. Sebaliknya, jika tidak ada kecintaan, maka hati ini akan sulit menerima Al Quran, terasa berat untuk tunduk taat kepada Al Quran.

Wallahu'alam bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media