Hosting Indonesia

Pesan Bulan Ramadhan

اللهُ اكبَرُ- اللهُ اَكْبَرُ- اللهُ اكبَرُ لااِلهَ الااللهُ وَاللهُ اكبَرُاَللهُ اكبَرُ وَللهِ الحَمْد
اللهُ اكبَرُ كَبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا, لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه, مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن, وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن, لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه, لاالهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُ وَللهِ الحَمْد

Sejak tadi malam berkumandang takbir dan tasbih atas kemenangan.
Firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185 :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Artinya : "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah pada) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan, (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggal-kannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah, atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." – (QS.2:185)

Rasulallah bersabda : Hiasilah hari rayamu dengan takbir sebagai pengakuan kepada Allah SWT. Untuk mensucikan Allah yang penuh rahmat dan rahim.

Tahlil untuk memperkokoh keimanan kita. Berhagialah untuk bersujud. Janganlah kesombongan mendekati kita untuk dekat pada Allah SWT. Apakah selepas Ramadhan semakin dekat atau semakin jauh kita kepada Allah SWT, hanya diri kita yang bisa menjawab.

Pesan Moral
Pesan moral dan hawa nafsu yang tidak pernah berdamai. Jihad paling besar. Yakni jihad hawa nafsu, marah, dan syahwat.

Sifat Kebinatangan, menghalalkan segala cara untuk memproleh keuntungan. Sifat Buas, banyak kezaliman, yang kuat akan menang dan yang lemah maka akan kalah. Sifat Syaitoniyah menjatuhkan hawa nafsu martabat manusia. Keadilan akan tergusur dengan kezaliman dengan ketiga sifat itu. Ketaatan dengan kemusyrikan.

Sifat rububiyah, dihiasi perbutan budi pekerti akhlakul karimah. Menahan diri. Firman Allah dalam surat Ali Imron ayat 134 :

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
Artinya : "(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan." – (QS.3:134)

Pesan Sosial
Aqidah, pada detik-detik akhir Ramadhan, dimana semua muslim mengeluarkan zakat. Tiba-tiba hadir baik dihati dan perbuatan. Baik yang berkecukupan dan kurang. Yang mendapatkan kebahagian yang mengeluarkan mendapatkan pahala. Shadaqah kita yang melingdungi dari api neraka.

Pesan Jihad
Berperang dijalan Allah SWT. Mengorbankan segala yang kita miliki untuk beribadah pada Allah SWT. Jihad mengendlikan diri. Berlandasi dengan niat yang baik. Islam harus di design dengan kemaslatan demi kebaikan. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian. Ketaatan kepada Allah SWT.

Rasulallah : Sebagian sahabat ketika berjumpa, ya Rasulallah kami ingin tahu bisnis yg dicintai oleh Allah. Hai orang-orang yang beriman kepada Allah dan berjihad dijalan Allah dan harta dijalan Allah. Itulah keburuntungan mu.

Masalah-masalah sosial. Gagasan yang baru masalah tersebut. Bersama bertanggung jawab dengan pesan tersebut. Menjalin hubungan silaturrhim dan sistem sosial yang bermartabat.
Wallahu a’lam bish showab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media