Hosting Indonesia

Fadhillah Puasa

Fadhillah Puasa, Kesempatan kesehatan dan umur yang panjang bertemu bulan yang agung suci yang senantiasa membukan pintu rahmat. Predikat Al muttaqun ketika selesai menjalankan ibadah puasa. Yakin sebagai seorang muslim bahwa yang diperintahkan pasti ada nilai kebaikan sebaliknya akan menjadi mudharat. Puasa adalah menahan dari makam dan minum sejak dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat karena Allah. Tidak mewajibkan berpuasa untuk umat Nabi Muhammad saw saja tetapi dengan bukan umat Beliau.


Firman Allah dalam AlQur’an, surat Al Baqarah ayat 183 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa." – (QS. Al Baqarah : 183)

Begitu besar fadillah ibadah puasa Ramadhan
  1. Puasa milik Allah, setiap amalan baik akan diberikan balasan baginya kecuali puasa dan Allah memberi balasan kepada orang berpuasa. Semua amaliah kembali pada kita. Seperti shalat, haji dan berbagai amalan ibadah lainnya.
  2. Puasa sebagai prisai, puasa itu prisai karena orang yang benar menjalankannya maka menjaga diri dari perbutan tidak baik. Jika dengan berpuasa maka menjaga seseorang berkata jelek dan kotor, ketika akan berkelahi maka akan mengatakan “aku sedang berpuasa”.
  3. Bau mulut orang yang berpuasa adalah harum dari sisi Allah. Dikatakan seperti minyak kasturi. Pandangan kita kepada Allah bagaikan melebihi minyak kasturi, tetapi bersifat ruhiyah bukan manusiawi.
  4. Puasa Kebahagian yang optimal, ketika berbuka dan bertemu tuhannya. Menikmti hidangan berpuasa. Sukses melaksnakan kewajiban amalan suci pada bulan Ramdhan.
  5. Puasa Memberi syafa’at di hari kiamat. Ketika di Surga nanti, Puasa akan bersaksi : “Wahai tuhanku aku telah melarangnya makan dan minum dan hawa nafsu”. Alquranpun memberi syafa’at karena telah dibaca. Dan atas ijinnya, Allah menerima.
  6. Puasa masuk surga, Sahabat datang kepada Rasulallah dan mengatakan amalan apa masuk surga, Rasulallah menjawab lakukanlah puasa dan tiada bandingnya. Kedua tetap jawaban Rasulallah adalah berpuasa.

Begitu besar Fadhillah berpuasa dan Allah pasti akan membalas semuanya. Yuk mari kita tingkatkan kwalitas ibadah kita di bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah. Wallahu A'lam Bishawab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media