Hosting Indonesia

Kasih Sayang dalam Islam

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Artinya : "Barangsiapa mencari agama, selain daripada agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi." – (QS.Ali imran 3:85)


وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu, ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu, karena nikmat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu darinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk." – (QS. Ali Imron 3:103)

Mudah-mudahan yang membaca mudah dalam ke akhirat. Hati kita dieratkan karena keimanan kepada Allah SWT. Kasih sayang menurut islam. Cinta suci dengan pernikahan bukan karena nafsu. Agama yang diridhoi Allah adalah agama Islam. Di akhirat dan di dunia, agama dibalas oleh Allah. Jika tidak beragama tidak ada apa-apa di akhirat hanya dibumi mendapatkan balasan. Agama untuk semua manusia. Sayang bukan hanya kepada sesama muslim. Sayang kepada muslim.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
"Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu, dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat." – (QS. Al Hujurat 49:10)

Yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang bertaqwa. Apabila saling bermusuhan maka perbaikilah. Menyebar salam adalah menyebar kasih sayang.

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ada adab dalam salam. Baik yang muda kepada yang tua atau sebaliknya yang tua kepada yang muda. Salam yang panjang kepada salam yang pendek. Yang terbaik adalah jika mengawali salam. Ada pahala diantaranya jika Assalamu’alaikum mendapat pahala 10. Jika Assalamu’alaikum warahmatullah mendapatkan pahala 20. Dan Apabila sempurna maka mendapatkan pahala 30.

Tebar dengan senyuman dan salam.
Saling memberi hadiah adalah tanda kasih sayang yang lain baik yang memberi dan mengambil. Dangan ucapan jazakumullah.

Dari Usamah bin Zaid, ia berkata: Rasulullah Shallallahu’Ala ihi wa Sallam bersabda:

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا؛ فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاء

” Barang siapa diberi suatu kebaikan, lalu ia mengucapkan kepada orang yang memberi kebaikan tersebut: @Jazaakallahu khairan”, maka sesungguhnya hal itu sudah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya .” (HR. at-Tirmidzi – an-Nasa’i)

“Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza”

 (جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا وَجَزَاكُمُ اللهُ اَحْسَنَ الْجَزَاء)

adalah semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah SWT akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik.

Ibu yang cerdas, adalah sedang mencari ilmu baik dalam majlis taklim. Malaikat sakinah turun mendo’akan kita. Pahala dan barokah yang kita tanam kita akan dapat diakhirat kelak nanti. Kasih sayang tidak hanya kepada manusia tetapi juga kepada hewan. Membunuh binatang dengan pisau tajam, memberi minum. Jangan sampai kita Menyakiti semut, mencaci, dibakar atau dikubur hidup-hidup. Tidak boleh merusak alam maka saling menjaga.

Saling mencintai dihubungkan dengan keimanan kita kepada Allah SWT. Mencintai saudaranya seperti mencintai diri sndiri. Jangan bercerai berai. Ukuhuwah islamiyah harus dijaga. Banyak persamaannya. Jangan dilihat perbedaanya. Berkatalah yang baik jika tidak bisa berkata maka diam. Diam berpikir dan bicara berpikir.

Berkata yang baik adalah shadaqah. Baik kepada anak suami atau istri itu adalah tanda kasih sayang. Rasulallah berkata kpd istrinya. Wahai yang berpipi merah.

Tips
1. Istigfar
2. Jaga wudhu
3. Banyak berdzikir
4. Tau posisi kita saat sedang marah. Jika berdiri, maka duduk, maka terlentang.
5. Bicara ke anak yang baik. Berkata yang baik ketika marah. Ingatkan hal yang baik. Urusan akhirat. Apakah sudah shalat, do’a dan lain-lain.

وَاللّــــهُ تَعَـــــالَى أَعْلَــــــمُ بِالصَّـــــوَابِ

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media