Hosting Indonesia

Rasulallah Pemersatu Umat Manusia

Allah telah membisikkan kita masing-masing bahwa kita orang yang beriman dan ta'at. Kehidupan tidak sama. Ada orang yang senang, sedih, karena hidup manusia tetapi pasti dan yakin semua kehidupan mengandung hikmah yang bermanfaat.

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Artinya : "Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." – (QS.Al Mulk 67:2)


Allah yang menguji manusia. Maka siapa yang paling bagus amal perbuatan. Misalnya ada orang yang banyak mempunyai harta tetapi dilarang oleh dokter karena sakit. Orang tersebut tidak bisa menikmati kehidupannya. Susah saat tidak punya nikmat. Yang tenang adalah orang yang istiqomah menjalankan sholat. Tentram batin dan tentram tidur nyenyak.

لا قُوَّةَ إلاّ بِاللهِ الْعَليِّ الْعَظيمِ

Artinya : "Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung"

Kita membuktikan keimanan kita bahwa kita punya Nabi. Dia yang memberi contoh suri tauladan. Dengan peringatan kita bisa mengingat. Kenalkan melalui peringatan ini tetang riwayat Nabi Muhammad saw. Bagaimana kita bisa cinta tanpa mengenal.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi, dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." – (QS.Al Ahzab 33:56)

Penghormtan kepada Nabi karena Allah SWT memilih karena beliau sebagai uswatun hasanah. Sungguh telah ada pada diri manusia teladan yg baik. Hadis. Banyak menyebut Allah, dengan dzikir setelah shalat. Syarat orang Islam adalah membaca kalimat Tahlil. Hadist : Barang siapa yang diakhir hidupnya dan disebutknnya tahlil dia masuk surga. Yang terpenting adalah rukun. Walaupun beda tetapi tetap jaga kerukunan antar umat islam. Ajaklah untuk mencari hikmah pada setiap pristiwa.

Ketika berjabat tangan dan Salaman malaikat merontokkan dosa kedua orang tersebut. Nabi diutus untuk memperbaiki akhlak manusia ialah tentang Tauhid, Aqidah dan Hubungan manusia dengan manusia atas perintah Allah SWT. Nabi melalui proses dari dihina, dilempar dan lain-lain. Saat Nabi lahir, Ayahnya meninggal dunia. Ibunya meninggal dunia. Dua tahun kakeknya meninggal.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

Artinya : "Kamu (umat Muhammad) adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." – (QS. Ali Imran 3:110)

Umat terbaik adalah Umat Nabi muhammad karena selalu bergerak mengenal dalam kebaikan. Dan mencegah mungkar. Usia 25 tahun Nabi menikah. Istrinya Khodijah. Salah satu karyawan Khodijah adalah Mayshroh berpartner dengan Nabi. Berdagang bersama beliau walau panas Nabi dilindungi oleh awan selama perjalanan dan berdagang dengan Jujur. Mendengar hal tersebut Khodijah berkeinginan melamar Nabi. Karena Contoh yang baik.

Awasi remaja kita. Jika sudah mampu maka nikah. Usia 25 tahun. Nikah karena Allah. Allah menjamin, Allah memberi rizki, memberikan jalan. Niat mantapkan. Kuatkan niat, jangan ragu-ragu.

Nabi pemersatu manusia. Jangan menjadi perusak. Seperti jaman Nabi. Kisah Sahabat : Suatu ketika dalam meletakkan hajar aswad. Ada perintah Siapa yang datang paling awal ke makkah. Maka dia berhak meletakkan hajar aswad. Maka Nabi paling awal. Nabi tidak mau sendiri meletakkan tetapi dengan surbannya Nabi bersama kepala suku meletakkan bersama-sama. Nabi menjalin persatuan tanpa ada pertikaian.

Rahmat Allah nabi bersikap lemah lembut. Bersabar memaafkan dan mendo’akan. Agar dapat rahmat.

لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Artinya : "Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamaku." – (QS. Al Kafirun 109:6)

Bangun hablum minannas adalah hubungan kepada manusia. Manusia akan hancur dan hina taubat kepada Allah SWT. Apa yang ada di bumi semua adalah ciptaan Allah SWT. Berlomba-lombalah kamu dalam berbuat baik. Fastabiqul khoirot...

Abu Tholib tidak se-iman dengan Nabi. Nabi tidak bisa memberikan hidayah. Hidayah adalah hak Allah SWT. Kita berusaha tetapi semua takdir dari Allah SWT. Usaha boleh sama tetapi takdir tidak sama. Hal yang harus diingat.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ

Artinya : "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku." – (QS. Adz Dzariyat 51:56)

Nabi mempersatukan dari yang jenis kulit putih dan hitam, tidak ada yang membedakan. Ada kisah. Sahabat: Apa kelebihan padahal dia miskin. Banyak kaya tetapi tidak masuk surga. Rasulallah : tanyakan sendiri. Si miskin bekerja biasa, waktu shalat, ia shalat. Sahabat datang lagi kepada Rasulallah. Orang yang masuk surga adalah dengan tidak pernah iri, dengki, lisahnya yang dijaga dan tidak Ghibah. Bara api neraka adalah sikap iri dan dngki sebagai kayu bakar.

Sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar. Allah tidak akan merubah suatu kaum jika kaumnya itu sendiri merubah. Allah akan memberikan jalan keluar saat pasrah. Ketika rizki ada jangan lupa memberi. Ada tiga orang yang celaka :
1. Orang yang kikir.
2. Orang yang menuruti hawa nafsu
3. Orang yang ujub kepada diri sendiri/membagakan diri.

Karomah dalam nabi, beliau tidak pernah putus asa. Jangan menghina sesembahan orang lain. karena bisa jadi mereka balik hina yang lebih kepada kita. Wallahu’alambishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media