Hosting Indonesia

Silaturrahmi 2014

Allah Berfirman dalam surat Ali Imran ayat 133
{133} وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (QS. Ali Imran ayat 133)

Allah memberikn perintah buat kita untuk bersegeralah jika kita mempunyai kesalahan kepada orang lain. Ada dua hal dalam dosa, yaitu : yang pertama dosa kepada Allah SWT. Contoh sering menunda shalat tepat waktu. Spt dikarenakan nonton televisi, hal yang dunia. Makruh dibenci oleh Allah SWT.
Dengan beristigfar maka insyaallah, Allah akan mengampuni dosa kita. Rasul lebih dari seratus kali dalam sehari mengucapkan istigfar. Rasulallah sawa adalah manusia ahli surga yang ditetapkan oleh Allah tetapi masih mengucapkan istigfar. Maka kesempatan ini digunakan untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

Kedua terhadap sesama anak adam atau manusia diseluruh dunia. Tidak perlu istigfar tetapi istahlal, Kata istihlal merupakan bentuk masdar dari kata istahlala ('ala wazni istaf'ala) yang berfaedah "tholab", artinya "minta halal". Sama dengan kata istighfar (istaghfaro) yang berarti minta ampun. Jadi "istihlal" berarti minta halal (atas kesalahan yang pernah diperbuat). Saat salam niatkan memaafkan sambil melafadzkan kalimat “ja'alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faizin”. Niscaya dosa kita diampuni ketika kita bersalaman dan mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin.

Kita termasuk umat nabi, semua umat nabi tetap masuk surga kecuali yang tidak mau masuk surga. Hadist: Orang yang masuk surga adalah orang yang sudah mengucapkan dua kalimat shahadat kecuali orang yang memutus tali silturrahmi.

Wujud silaturrahmi dengan orang yang meninggal dengan cara kita mendo’akan. Bahwasanya pada Malam hari saat tertidur, roh kita dikumpulkn oleh Allah dan waktu pagi dikembalikan kembali ke jasad. Maka bangun tidur kita dianjurkan mengucapkan Alhamdulillah. Ketika roh kita tidak kembali maka kita telah meninggal dunia.

Sejak jaman rasulallah silaturrhmi sudah menjadi tradisi. Presiden Ir. Soekarno awal halal bihalal di indonesia. Dihalalkan dosa kita dan dosa umat muslim. Jika ketemu kita sering bersalam-salaman agar tetap terjaga. Tetapi jangan setelah ketemu membicarakan keburukan seseorang sehingga menjadi dosa lagi. Sikap mempertahankan tidak semua bisa. Maka sering-sering bersilaturrahmi.

Manfaat bersilaturrahmi
1 Mengharapkan Ridho Allah SWT.
2 Panjangkan umurnya, ketika melakukan kebaikan akan dikenang oleh orang. Rasulallah kita kenang karena ilmu dan risalah beliau. berbuat baik terhadap sesama. Memberikan harta baik diwaktu lapang mau sedikit. Ketika harta tidak memiliki maka cukup dengan senyuman kepada sesama karena itu adalah shadaqah.
3 Dimudahkan rejekinya oleh Allah
4 Akan mendapatkan kebaikan, jika sudah meninggal tetap baik.

Dalam bulan ramadhan, Ciri orang yang sukses setelah menjalankan ibadah puasa adalah
1 Alquran sering dibaca
2 Shalat berjamaah, Rajin tepat wktu
Wallahu'alam bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media