Hosting Indonesia

Tanggung Jawab Orangtua kepada Anak

Mudah-mudahan silaturrahmi kita agar menambah bobot ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Betapa agungnya mempunyai anak. Anak yang sholeh. Firman Allah dalam surat At Tahrim ayat 6:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (QS. At Tahrim 66:6)


Ingat kepada Allah SWT adalah iman kepada Allah. Jagalah diri kalian dan keluarga kalian. Perintah menunjukkan sebuah kewajiaban dan jika tidak waspada mungkin menjadi masalah besar.

Rasulallah bersabda : ada tiga kewajiban orangtua kepada anak, adalah
1. Jika anak lahir berilah nama yang bagus yang mempunyai makna, dan arti. Nama anak itu akan membentuk karakter di masa depan. Rasulallah menggambarkan sebaik-baik adalah nama pengabdian kepada Allah SWT dan memiliki makna bagus. Jangan asal nama, maknanya menjadi buruk.
2. Orangtua kepada anaknya. Jika sudah besar diberi pendidikan, sekolah, pondok, ngaji dan sebagainya. Anak membantu kedua orangtua.
3. Nikahkan anak jika sudah mendapat jodohnya. Si anak seneng, dan cocok dengan hatinya.

Ada tiga tipe anak, adalah
1. Anak sebagai hiasan. Anak dan harta sebagai hiasan. Anak dibina, dilihat, dirawat dan sebagainya. Anak akan menjadi anak yg berguna.
2. Anak sebagai ujian. Maka pahala yang sangat besar jika lulus. Orangtua yang telaten maka pahala besar. Jika tidak lulus maka pahalanya berkurang.
3. Anak sebagai musuh. Kalian orang yang beriman kepada Allah. Anak istri musuh bagi kalian, jika tidak berhati-hati kita ditembak. Saat ini anak membunuh orangtua, karena tidak baik dalam keluarga.

Tadarus Al Qur’an, ikut majlis insyaallah menjadi anak yang sholeh baik di dunia dan di akhirat.
Wallahu'alam-bis-showab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media