Hosting Indonesia

Lima Pondasi Agama

Hadist arbain nawawi
Rasul bersabda :"Hadist anak umar bin khattab, Beliau adalah yang memberikan kebutuhan majelis taklim berupa sumbangan Dana dan tenaga untuk mensukseskan majelis." Aku mendengar secara langsung bahwa Rasulallah, telah dibangun itu agama atas 5 perkara/ pondasi /asas agama :
1. Syahadat, semua umat islam. Dari sini jika sudah melafadzkan maka dalam hati dirinya muslim
2. mendirikan shalat, paling kokohnya dalam membangun Islam karena Rasulallah bersabda : shalat adalah tiang agama. Penguat dari pada bangunan jika rubuh maka rubuh satu bangunan. Dalam Islam seperti ini juga. Jika roboh maka runtuhlah agama islam.
Mencakup seluruh anggota badan kita. Shalat seluruh tubuh bergerak dan hati. Ketika shalat khusuk dalam hati. Zhohir fardhu shalat panca indra bergerak. Seperti puasa menahan diri dan hawa nafsu. Jika shalat dibutuhkan kekhusukan.
Shalat adalah paling baiknya ibadah. Jika shalatnya Baik maka amal kan baik tergantung khusuknya shalat kita.

Barang siapa yang menjaga shalat yang lima waktu atas keadaan wudhunya ruku sujudnya khusuknya dan mengetahui shalat itu hak maka sebab orang shalat itu jasadnya akan diharamkan terkena api neraka.

3. Membayar zakat, jagalah bersihkanlah harta kalian dengan berzakat dan obatilah penyakit kalian baik bathin zhohir dengan zakat. Zakat adalah membersihkn harta. Harta adalah amanah dari Allah SWT. Orang yang mebutuhkan dari memiliki harta. Rajin bayar zakat maka insyaallah di dunia ini tidak ada yang miskin. Suatu orang yang nista jika ada yang miliki harta lebih melihat tetangga miskin dia tidak melirik kepada seorang muslim tersebut.

Maka barang siapa dari orang yang miliki harta dinar emas atau perak tidak dikelurkan maka mereka orang yang dibawakan berupa api neraka. Jika kita miliki harta lebih berupa emas dan lain-lain yang sudah mencapai harta maka berikanlah hak kita kepada orang yang berhak.

4 Haji, kewajiban bagi rukun Islam yang mampu kemampuan fisik dan biaya. Kesehatan badan dan sekiranya sampai disana tidak ada penyakit dan Aman dari perjalanan. Biaya yang ditinggalkannya baik anak dan orang tua yang bisa diberi bekal dan biaya transportasinya dan biaya kehidupn dia ada dimakkah.

Barang siapa haji sekali maka Allah sudah menghitung satu ibadah yang ditujukan oleh Allah maksudnya sudah memenuhi rukun. Barang siapa yang kedua maka Allah berhutng budi kepada orang tersebut dan akan dibalas oleh Allah. Barang siapa yang ketiga maka Allah menjamin kesalamatan diakhirat yaitu rambut hingga seluruh badannya, api neraka haram mendekati.

5. Puasa pada bulan Ramdhan. Surat Al Baqarah
يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون.
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah :183)
Orang yang beriman berarti orang kafir tidak termasuk. Mereka yang selain agama islam tetap yang dipertanggungjawabkan apa yang menjadi ibadah.

Orang yang bertaqwa adalah prang yang menjalani perintah dan menjauhi segala larangan yang telah ditetapkan oleh Allah. Dengan berpuasa maka hawa nafsu kita tidak menggebu-gebu. Seperti anjing yang polos jika diberi makan jika tidak diberi maka kan polos. Jika manusia nurut maka kita menurut denggan syaiton. Mendatangi manusia untuk mengganggunya tidak bisa menjaga hawa nafsu dengan bisikan syaitan.

Barang siapa yang berpuasa dibulan suci ramadhan maka puasa diampuni dosa yang akan datang dan terdahulu. Puasa umat terdahulu dan sesudah atau saat nabi telah lahir maka puasa diwajibkan.

Bulan puasa telah datang atau muncul secara mulia dan datang dari bulan yang lain yang telah diagungkn oleh Allah. Wahai orang yang berpuasa ramadhan, Rajab bulan Allah, sya'ban bulan rasul dan ramadhan bulan umatku. Dalam ramadhan Aku perbolehkan puasa maka orang yang sangat beruntung bagi orang yang berpuasa, menjauhi apa yg dilarang. Maka orang yang sungguh sangat celaka orang yang keji dan makan dibulan ramadhan.

Ibadah lain mereka laksanakan menurut Imam ghazali adalah :
Puasa ada 3 derajat diantaranya :
a. Puasa umum mereka melakukan puasa pada bulan ramadhan tetapi hanya puasa saja. Dari terbit fajar hingga terbenam.
b. Puasa khusus didirikan orang yang khusus maksudnya puasa dan ibadah yg lain. Tadarus, berdzkir selama bulan ramadhan.
c. Puasa khusus yang dilakukan oleh orang-orang khusus berupa puasa dan hal sunnah dan khusuknya hati dan fikiran mereka agar tertuju pada Allah SWT. Orang-orang yang baik dapat orang yang bertaqwa.

Jika salah satu tidak ada maka runtuh maka kuatkan lah, Allah SWT menjamin pahala yang akan di akhirat.
wallahu'alam-bisshowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media