Hosting Indonesia

Muharram 1435 H

Selamat tahun baru Islam 1435 Hijriyah.
Semua nama bulan memiliki makna. Bulan Hijriyah dengan diawali dengan bulan Muaharram sampai dengan yang kedua belas adalah bulan Dzulhijjah. Apakah Bulan Muharram atau asyura? Dalam bulan Muharram ada Puasa sunnah pada tanggal 9-10 Muharram (hari Asyura). Ketika Rasul. اَللّهُ . Hijrah ke kota Madinah mengadakan gencatan senjata karena ada organisasi masyarakat. Diharamkan adanya pembantaian, peperangan, percekcokan, dan sebagainya.

Bulan Muharram kedudukannya sama tinggi. Hadist: utama puasa setelah Ramadhan bulan اَللّهُ namanya Bulan Muharram, shalat paling utama adalah shalat wajid dan shalat lail/malam.


Sahabat Ali: Ada orang bertanya kepada Rasul اَللّهُ , rasul, puasa yang baik pada bulan apa setelah puasa Ramadhan, nabi menjawab jika kamu dulu sudah puasa Ramadhan maka kamu puasalah dalam Bulan Muharram.

Bilangan bulan ada 12 bulan tapi ada 4 bulan yang teristimewa. Diantaranya Bulan Muharram. اَللّهُ menerima taubatnya selama satu tahun. Waktu pada masa Nabi Daud a.s. dan Nabi Ayyub a.s. sembuh dari sakitnya, serta seperti kaum yang lain.

Faedah puasa Bulan Muharram adalah menghapus dosa pada Tahun lalu dan tahun yang akan datang. Semata mengharap ridho اَللّهُ mengandung do'a kepada اَللّهُ . Puasa pada Tanggal 10 Muharram.

Rasul sangat demokratis dalam memimpin, tetap dalam memberi nasehat kepada umatnya. Hadist: Aku baru saja sahabat ibnu abbas. Bersantai di dekat air zam-zam setelah sa'i dan merenung. Rasul mohon diberi tahu tentang kedudukan hari Asyura. melihat Bulan Muharram maka hitung sendiri. Dan pagi tanggal 9 kamu berpuasa. Hari dimulainya hitung hingga hari ke-9 dan ke-10 puasa.

Memberikan bingkisan kepada anak-anak yatim piiatu dan fakir miskin, dari petunjuk rasul. Hadist: barang siapa mau melapangkan rizki kepada anak yatim. اَللّهُ akan melapangkn rizkinya satu tahun tanpa terkecuali. Mereka merasa gembira dan senang. Pembalasan yang sempurna.

Hadist: Nabi puasa pada tanggal 10 dan menyuruh sahabat untuk berpuasa. Tanggal 10 Muharram ini, Di rayakan oleh orang Yahudi dan Nnasrani. Jika begitu Aku tahun depan puasa tanggal 9-10. Tetapi Rasul اَللّهُ meninggal dunia pada tahun selanjutnya. Jadi, Rasul اَللّهُ belum melaksanakan puasa tanggal 9-10. Takrir Rasul اَللّهُ adalah pernyataan Rasul اَللّهُ menjadi dalil maka dianjurkan puasa sunnah pada tanggal 9 Muharam.

Aisyah: Dahulu tanggal 10 Muharram, orang Quraisy banyk yang berpuasa. Maka ketika tidak di Madinah maka puasa. Ketika bulan Ramadhan diwajibkan untuk berpuasa, ada yang tidak puasa di Bulan Muharram. Barang siapa yang puasa maka puasanya dapat pahala jika tidak maka tidak apa-apa jadi sunnah. Kamu berbuatlah semaumu akan kembali pada diri kita masing-masing. Wallahu'alam-bis-showab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media