Hosting Indonesia

Sya'ban

Allah berfirman yang artinya menciptakan bulan ada 12 bulan, ada bulan yang pilihan diantaranya bulan rajab, sya'ban dan ramadhan. Nabi bersabda: bulan rajab adalah bulan Allah atau bulan tentang kewajiban untuk mendirikan ibadah shalat. Bulan Sya'ban adalah bulanku untuk menata diri menjernihkan hati dan menghiasi rumahku untuk menyongsong bulan ramadhan tiba. Bulan Ramadhan adalah bulan untuk umatku, yang penuh mutiara-mutiara dan keberkahan. Semua amalan yang luar biasa untuk penghapusan dosa-dosa.

Bulan Sya'ban Rasulallah sering puasa sya'ban. Dari istri beliau Aisyah: Nabi selalu menyempurnakan puasa sebulan. Aisyah tidak pernah melihat puasa penuh melainkan nabi puasa dari bulan sya'ban dan bulan ramadhan berkelanjutan. Rasulallah berusaha melengkapi puasa beliau.


Dari Aisyah: Ada puasa pada bulan yang paling disenangi adalah puasa bulan sya'ban dan bulan rmadhan menjadi dua bulan berturut-turut. Nabi tetap mengerjakan puasa walau Allah sudah beri surga nantinya kepada beliau. Subhanallah. Berpuasa membuat kita memiliki daya pikir bagus.

Bulan Sya'ban terdiri dari huruf syin, 'ain, ba' dan nun. Ada huruf syin, syarifah adalah bulan yang dimuliakan. Huruf 'Ain adalah tinggi. Huruf Ba' adalah kebajikan, Lemah lembut, ramah tidak gampang marah. Huruf Nun adalah nikmat. Bulan sya'ban dilanjutkn dengan bulan ramadhan.

Bulan Sya'ban biasanya ziarah kubur. Nabi: sahabat-sahabatku bulan sya'ban ini, jika dibandingkan dengan yang lain seperti kelebihanku dengan nabi-nabi yang terdahulu. Nabi yang bertanggung jawab atas umatnya. Nabi adalah Khatamul-nabiyyin, yang harum. Kehebatan bulan ramadhan seperti keagungan Allah dibanding dengan hambanya umat manusia.

Marilah kita sambut ramadhan dengan lapang hati, ramdhan tiba umat merasa senang dan menjauhkan kita dari api neraka. Bulan pilihan dan berbanggalah bagi yang mendapatkannya.

Hadist: Bulan sya'ban dimana Allah menampakan kepada hambanya nisfu sya'ban yang merupakan Tempt istimewa atau multazam. Ada beberapa tempat yang istimewa diantaranya hijir ismail, makam ibrahim, mina, arafah, masjidil haram, masjidil aqsha. Ada Bulan istimewa diantaranya bulan rajab, sya'ban, dan Ramadhan. Ada waktu yang istimewa diantaranya antara magrib dan isya, sepertiga malam, antara adzan dan iqomah, ketika khotbah duduk diantara khotbah, sujud akhir dalam shalat. Mintalah kepada Allah atas apa yang diinginkan. Dibuka lebar-lebar berkah di bulan sya'ban ini.

Ramadhan tiba ada yang senang atau bahagia tetapi ada juga yang tidak senang. Bagi yang mendapat kebahagiaan, bulan ramadhan adalah bulan ketakwaan, bulan berkah, bulan penghapusan dosa. Sedangkan Yang tidak senanga akan datangnya bulan ramadhan karena menggangu ada aktifitas malam dan paginya muncul ngantuk dan akan malas dalam bekerja.

Insyallah kita termasuk kelompok yang pertama adalah yang berbahagia akan datangnya bulan ramadhan. Ramadhan datang kita tingkatkan ukuwah wataniyah atau persudaraan umat muslim. Waktu ramadhan tahun ini kita Menungu pengumuman menteri agama. Wallahu'alam-bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media