Hosting Indonesia

Sambut Ramadhan

Ramadhan dalam bahasa arab adalah terdiri dari lima huruf yaitu :  ر مضا ن (ra, mim, dhad, alif, nun). Huruf ini memiliki makna sebagai berikut:
  • Huruf  ر (Ra) adalah bulan rahmah. Permulaan bulan Ramadhan dari awal hingga hari kespuluh adalah rahmah yang Allah berikan.
  • Huruf  م (Mim) adalah bulan ampunan. Kita saja, apabila bulan Ramadhan dating, kita bahagia. Di bulan ini oleh Allah, kita dihindarkan dari siksa api neraka. Dengan ampunan. Kita hendaknya membaca Bacaan-bacaan yang syahid. "Marhaban sahruramadhan, Marhaban sahru siyami."
  • Huruf  ض (Dhad) adalah dilipat gandakan pahalanya, dalam beribadah, misalnya kita bershadaqah.
  • Huruf  ا (Alif) adalah Iman kepada Allah.
  • Huruf ن (Nun) adalah mendapatkan janji Allah subhanahu-wa-ta’ala. Pengujung bulan ramadhan mendapatkan penghargaan yaitu dibebaskan dari api neraka.
Ramadhan penuh berkah bagi umat muslim dan non muslim yang merasakan. Hakekat puasa itu. Puasa dilaksanakan tetapi berbuat buruk tetap dilaksanakan juga. Dia tidak mendapatkan apa-apa dari ibadah puasa yang ia dapat tetapi hanya lapar dan haus.

Ada hal yang membatalkan pahala puasa.
1. Tidak boleh berbohong. Misalnya. Ada seorang ibu yang pulang dari pasar, disambut oleh anaknya. Anaknya Minta uang, Ibunya mengatakan tidak punya duit padahal baru dari pasar. Tetapi didalam dompetnya ada uang.
2. Tiak boleh adu domba
3. Gossip atau membicarakan orang lain
4. Diam-diam minum, makan, bertengkar, dan sebagainya.

Banyak orang berpuasa tetapi terkadang mereka menyia-nyiakan karena mereka asal ikut-ikutan. Kita patut bersyukur kepada Allah subhanahu-wa-ta’ala, kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan maka Perbanyaklah amal kebaikan. Contoh Hal yang mudah kita lakukan adalah membaca kitab suci Al Quran selama bulan ramadhan. Ada beberapa tips dalam mengakhatamkan Al Quran. Al Quran terdiri dari 30 Juz. Maka jumlah bulan Ramadhan ada 29 hari dan 30 hari untuk kesempurnaan. Jadi satu hari satu juz, dalam satu juz terdiri dari sepuluh lembar, dibagi tiap-tiap sehabis shalat fardhu kita membaca dua lembar. Maka insyaallah dalam satu hari selesai satu juz. Tentunya kita Tetap istiqamah. Jangan tunda-tunda amal kebaikanmu selagi engkau menyelesaikan hari ini. Yang terpenting niat untuk mengawali sesuatu. Ok semoga berhasil buat para pembaca.

Apabila Puasa qadha bulan Ramadhan adalah wajib, diganti pada saat hari senin. Puasa hari senin dan kamis adalah sunah, Kita niatnya puasa wajib maka sunah akan mengikuti. jangan mendahulukan wajib dari pada sunah.

Bulan puasa tujuan mengetuk jiwa manusia untuk bertakwa kepada Allah subhanahu-wa-ta’ala. Semakin dekat dengan Allah subhanahu-wa-ta’ala. Berpuasa itu merupakan sesuatu yang luar biasa. Mendapatkan rizki yang tidak disangka-sangka dari Allah subhanahu-wa-ta’ala. Dengan keyakinan kita sebaga hamba Allah. Wallahu’alam-bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media