Hosting Indonesia

Shalat

Secara bahasa salat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti, doa. Sedangkan, menurut istilah, salat bermakna serangkaian kegiatan ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.
Firman Allah Subha-nahuwa-ta'la

إِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ
"Sungguh, sholat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar"
Lebih lengkapnya.


اتْلُ مَآ أُو حِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاَةَ إِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ وَاللهُ يَعْلَمُ مَاتَصْنَعُونَ
"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (al-Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan fahsya’ dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Ankabut:45)

Kewajiban shalat diperintahkan oleh Allah ketika Nabi Muhammad shalallahu-'alaihi-wasallam isra miraj.

Shalat ditentukn oleh Allah, Sesungguhnya shalat itu kewajiban yang telah ditentukan oleh Allah kepada orang mukmin. Awalnya lima puluh kali dalam segari, Rasulallah meminta kepada Allah lima kali dalam sehari dan pahalanya sama dengan shalat lima puluh kali dalam sehari. Shalat itu tiangnya agama, shalatnya baik maka perbuatannya baik. Allah berfirman: "Tidak Aku ciptakan jin dan manusia untuk menyembah kepadaKu." Dengan cara shalat.

Fungsi shalat
- Untuk membersihkan diri dari perbuatan kotor dan tercela
- Untuk mengingat allah

Kegunaan shalat sunnah
Bahaw kita mengetahui Shalat adalah tiang agama, shalat wajib ada 5 waktu. Jika kita melaksanakan shalat sunnah maka kita dapat memperkokoh aqidah islam, menjaga agama, memperindah kita, menetapkan keimanan kita kepada Allah dan merupakan bangunan islam kita.

Bagaimana shalat agar khusu' meski diganti sujud sahwi.
1 Sebelum Niat shalat kita hendaklah membaca ta'awudz
2 Shalat yang dikerjakan atas kemauan sendiri dengan Ikhlas.
3 Selesaikan segala suatu yang meragukan pada diri kita. Misalnya Jika mau makan makanan, boleh sedikit dulu. Liat situasi dan kondisi, jika waktu shalat masih panjang maka makanlah terlebih dahulu, sebaliknya jika waktu shalat sedikit maka shalatlah.
4 Niat karena Allah bukan untuk dipuji. Kita mengharap ridho Allah.

Yang membatalkan shalat, sebagai berikut:
1 Jika ketinggaalan salah satu rukun
2 Jika ketinggaalan salah satu syarat
3 Berbicara
4 Banyakk bergerak
5 makan dan minum, ditelan / dimuntahkn, sebelum shalat dianjurkan untuk sikat gigi

Salat Qashar adalah melakukan salat dengan meringkas/mengurangi jumlah raka'at salat yang bersangkutan. Salat Qashar merupakan keringanan yang diberikan kepada mereka yang sedang melakukan perjalanan (safar). Adapun salat yang dapat diqashar adalah salat dzhuhur, ashar dan isya, dimana raka'at yang aslinya berjumlah 4 dikurangi/diringkas menjadi 2 raka'at saja.
Ruhshoh ada jamak dan qasar
1 Perjalanan yang dilakukan adalah perjalanan yang baik
2 Minimal 80 kilometer, saat hadis ini turun karena memakai kendaraan unta.
3 Shalat adaan bukan shalat qada.

Tambahan: Allah lebih suka orang bersin daripada menguap karena orang bersin lambang semangat dan orang yang menguap lambang kemalasan. Wallahu'alam-bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media