Hosting Indonesia

Keutamaan di Hari Jum'at

Segala puji bagi Alloh SWT yang telah menciptakan pagi yang segar, siang yang bersemangat dan malam yang menyenyakan untuk beristirahat. shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan alam yakni habibana wanabiyana Muhammad SAW.

Allah berfirman dalam Surat  Al zum'ah ayat 9.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاَةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ
Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al zum'ah ayat 9)


Hari Jum'at disebut penghulu hari. Hari raya setiap pekan. Hendaklah Perbanyak mengucapkan shalawat maka malaikat menyampaikan kepada Nabi, memperoleh syafa'at dari Nabi Muhammad shallallahu-'alaihi-wasallam. Hari Jum'at malaikat turun mencatat orang-orang yang mengerjakan shalat Jum'at, dengan niat ikhlas. Dosa Orang tersebut diampuni.

Hari raya buat kalian jangan berpuasa kecuali diiringi dengan hari sebelum atau sesudah hari Jum'at. Jika dilakukan pada hari Jum'at saja hukumnya makruh. Dari Sejak pagi berniat kemudian mandi, berjalan ke masjid, maka dosa terhapus. Tiap bermunajat kepada Allah Subhaa-nahuwatai-'ala. Dosa besar tidak jadi besar sebaliknya dosa kecil tidak menjadi kecil bila tetap beristif dan Taubatan nasuha atau taubat yang sebenar-benarnya.. Shalat zuhur waktu tiba lebih utama. Nabi, shalat awal waktu.

Amalan Jum'at. Perbanyak shalawat nabi, mendapatkan syafa'at. Shalat Jum'at dilakukan Oleh semua umat.
Memanjatkan Do'a pada hari Jum'at dan hari-hari biasa adalah sama. Kecuali dengan syaratnya. Do'a sebelum atau setelah shalat Jum'at. Ada empat waktu dalam berdo'a adalah disaat 2/3 malam, do'a antara adzan dan iqomah, do'a sujud terakhr, dan do'a setelah selesai salam shalat fardhu atau wajib.

Syarat orang yang melaksanakan shalat Jum'at : laki-laki/perempuan, berakal dan baligh. Perempuan lebih baik shalat zuhur. Jika semua berbuat baik, dari Jum'at ke Jum'at, dari puasa ke puasa insyallah baik.
Apabila Laki-laki tidak melaksanakan shalat Jum'at tiga kali berturut-turut maka dikatakan kafir karena ibadahnya tidak sempurna. Apabila Berdagang saat waktu shalat Jum'at, agar ditutup sebelum shalat Jum'at supaya dapat keberkahan dari Allah Subha-nahu-wata'ala.

Ada orang diberikan rukhsah (رخصة) secara bahasa bermakna “keringanan” oleh Allah atau memiliki halangan dalam shalat Jum'at yaitu Laki-laki sakit berat atau parah hingga dia tidak dapat kemasjid, orang yang sedang dalam perjalanan jauh, ketika hujan lebat disertai petir yang menggelegar. Jika seperti ini maka Ganti dengan shalat zuhur. Zaman sekarang sudah banyak masjid-masjid, Jika anda dalam perjalanan jauh maka mampir kemasjid setelah melaksanakan shalat maka lanjutkan perjalanan itu akan lebih barokah. Allah turunkan Malaikat untuk mencatat orang yang melaksnakan shalat Jum'at .

Pada hari Jum'at pula turunnya nabi Adam di India dan Siti hawa di Jeddah karena melanggar memakan buat khuldi di Surga. Terjadinya kiamat pada hari Jum'at wallahu'alam tidak ada yanng tahu tentang hal ini kecuali Allah Subha-nahu-wata'ala. Apabila terlambat shalat Jum'atnya maka tidak sempurna, Karena shalat Jum'at dilaksanakan mulai sebelum khutbah. Khutbah Jum'at adalah bagian dari shalat Jum'at. "Sayyidul Ayyam"(Tuan-nya hari) perbanyaklah shalawat kepada Nabi Muhammad dan membaca surat Al Ikhlas. wallahu'alam-bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media