Hosting Indonesia

Indahnya Syukur Mulianya Sabar

Segala puji bagi Allah subhaa-nahu-wata'ala atas segala nikmat yang diberikan. Karena Allah subhaa-nahu-wata'ala kita masih bisa bersua pandang atas kesehatan. Shalawat dan salam kepada nabi Muhammad shallallahu-‘alaihi-wasallam

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ
Artinya : "Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (dengan mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu`." (QS. Al Baqarah : 45)

Syukur dan sabar adalah Pilar keimanan yang orang bisa menjalankan sabar dan syukur muslim yang mengagumkan. Jika Allah subhaa-nahu-wata'ala memberi nikmat maka kita bersyukur pada Allah dan jika Allah memberi musibah maka kita bersabar. Itu semuanya untuk suatu kebaikan. Kita mendapat rizki, Alhamdulillah. Dapat sedikit atau banyak ditabung untuk menunaikan ibadah haji. Maka Allah memanggilnya untuk berangkat haji.

Hakekat syukur dan sabar
Syukur menampakkan di lisan atas nikmat yang diperoleh. Ucapan Alhamdulillah wa syukurilah. Hati pun mengetahui atas nikmat itu. Berjanji kepada Allah subhaa-nahu-wata'ala bukan lisan/hati. Bisa jadi anugerah atau nikmat Allah yang sudah kita miliki sirna karena kita kufur. Menahan diri untuk mengeluh jadi sabar atas musibah.

Rahasia Syukur dan Sabar
Dalam Al Qur'an Allah subhaa-nahu-wata'ala berfirman

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕن شَڪَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡ‌ۖ وَلَٮِٕن ڪَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ۬
"Dan (ingatlah) ketika Tuhan kamu memberitahu: Demi sesungguhnya! Jika kamu bersyukur nescaya Aku akan tambahi nikmatKu kepada kamu dan demi sesungguhnya, jika kamu kufur ingkar sesungguhnya azabKu amatlah keras." (QS. Ibrahim 14: Ayat 7)

Berbuatlah yang optimal. Syukur mendapatkan nikmat yang bertambah dan jika kufur azab amat pedih

Syukur dan Sabar sebagai Kunci kesuksesan
Nikmat sirna jika kufur. Apabila kita bekerja tidak naik gaji, sakit, maka kita harus sabar. Punya anak kecil, belajar jalan jatuh dan bangun, untuk proses yang dinanti-nanti oleh kita sabar menanti. Siswa ujian dengan belajar sungguh-sungguh maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Nabi dalam berdakwah di Madinah dan Makkah dengan sabar sehingga menyebar umat islam rahmatal-lil'alamin.

Sabar ada batasannya
Dalam Al Qur'an Allah subhaa-nahu-wata'ala berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS. Ali Imran : 200)

Bersabarlah dan kuatkanlah. Sabar adalah seni mengajar. Bahasa tubuh untuk menegor jika murid berbuat salah. Untuk menggunakan kekerasan bukan zamannya lagi.

Hadist: Siapa saja yang dikehendaki Allah, menjadi orang baik. akan mendapatkan cobaan. Jika anda ingin sukses yakin pasti akan sukses. Para Nabi, sahabat dapat karena sabar dan bekerja berusaha insyaallah sukses dan berhasil. Allah murka jika tidak sabar.

Kiat-kiat syukur di mata Allah
Ketika mempunyai harta, mobil, motor, sepeda bangga akan hal itu. Alhamdulillah atas orang-orang yang belum punya. Tubuh kita lengkap. Bersyukur, punya harta, jangan melihat keatas maka akan muncul sifat dengki. Tetapi melihat ke bawah agar selalu bersyukur.

Hadis: bukhori muslim
Seorang yang tertimpa musibah dan walau hanya tertusuk duri insyaallah Allah mengampuni dosa apa yang dia ditimpanya. Tetap bersyukur dan sabar. Sakit penggugur dosa-dosa kita. Semoga kita diberi kesehatan agar dapat beribadah kepada Allah. Waallahu'alam-bis-showab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media