Hosting Indonesia

Istighosah

Istighosah
Kita melaksanakan ibadah karena kesusahan, dan Kita melaksanakan ibadah sakit. Rubah kebiasaan itu. Semoga yang membaca putra dan putri mudah-mudahan menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta taat kepada orang tua.

Zikir/mengingat Allah atau istighosah
Jika Umatnya sudah banyak, maka membesarkan tempat ibadah karena Allah tidak senang melihat fisik seseorang, Tetapi melihat kondisi dalam hati seseorang.


Tafsir, Qur'an surat Fatir ayat 32

ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ

Artinya : “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.”

Maka kemudin Aku mewariskan Al kitab. pada al kitab maksudnya Allah adalah dia Al Qur'an yang telah mewahyukan kepada Nabi Muhammad saw. Wariskan kepada "orang-orang yang telah Aku pilih", dari beberapa hamba-hambaKu.

Ibnu Abbas: Umat pilihan Allah adalah umat Nabi Muhammad saw. Allah memilih tengah-tengahnya dari yang lain.

Bangsa ini mulai tercoreng jika tingkah laku bangsa tersebut tidak baik. Menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Tercoreng oleh kelompok-kelompok tertentu.

Bangga menjdi umat pilihan, atas umat Rasulallah, nabi pilihan. Nabi Muhammad saw. Maka, patut kita Bersyukurlah kepada Allah.

Diantara mereka itu ada yang zolim menganiaya terhadap dirinya sendiri.
Umat itu adalah:
1. Ketika saat dia diberikan umur panjang mereka gunakan dengan sia-sia tetapi tidak beribadah
2. Orang yang diberikan menjumpai waktu tetapi mereka tidak mau shalat tepat waktu
3. Orang yang diberikan kesempatan bertemu dengan orang tua tetapi anak-anak tidak berbakti kepada orang tua. Suami Amanah berupa istri dan anak. Orang ini tidak dimuliakan untuk didik bertaqarub kepada Allah.

Dari mereka orang yang trpilih yaitu Golongan tengah-tengah. Contoh : Jika kesulitan baru istighosah/ beribadah. Kadang jama'ah kadang tidak, dll.

Hadist: semuanya tiap-tiap mereka itu tetap masuk surga.

Dari mereka umat Rasul itu orangnya berlomba dengan kebaikan atas ijin Allah SWT. Fastabikull khoirot. Jika adzan cepat-cepat mereka berlomba. Jika ada orang yang meminta-minta cepatlah diberi tidak usah memilih agamanya. Hadist: sahabat bertanya ada sorang peminta-minta. Allah akan mencatat perbuatnnya adalah termasuk makhlukk Allah. Jika dia syirik adalah urusan Allah dengan dia. Apa yang kamu lakukan sampai kepada Allah SWT.

Jika itu adalah kegiatan agama maka segerakanlah. Merupakan keutamaan yang bagus.

Imam Gozali: Umat rassul terbagi menjadi tiga, diantaranya :
1. Orangnya sibuk bekerja, mencari pangan, tetapi sampai lalai dengan akhiratnya. Golongan Orang yang rusak/aniaya. Ciri-ciri :
a. Kesenangnya makan yang haram, barang yang subhat, binatang yang memiliki taring, adanya cengkram pada burung.
b. Orangnya senang menjauhi ulama' jika diajak ngaji, mereka menjauh.
c. Sholatnya senang sendirian tidak suka berjamaah.

2. Orangnya sibuk bekerja tetapi kesibukannya itu untuk akkhirat. Semata untuk akhirat termasuk golongan Tengah-tengah
3. Orangnya sibuk dengan urusan akhirat sampai lalai dengan masalah duniawi. Ini termasuk Golongan Orang-orang yang beruntung.

Semoga Selalu mendapat perlindungan oleh Allah. selalu diberikan rizki. Rahmat dari Allah SWT. wallahu'alambishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media