Hosting Indonesia

Kematian

Kita tidak selamanya hidup didunia, kita pasti akan mati, mati yang telah ditetapkan oleh Allah dan juga telah ada asbab atau sebab kematian.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ
Setiap yang benyawa pasti mati. (QS. Al-Ankabut: 57)


Rasul bersabda. Orang yang paling cerdas adalah orang banyak mengingat kematian. Kematian adalah yang menakutkan dan mengerikan bagi muslimin adalah kepastian dari Allah.

Mencapai bahagia tanpa batas

Tidak ada yang bisa memajukan dan memundurkan. Baik itu kuat lemah kaya miskin pasti akan mengalami kematian. Dihadapan Allah telah ditentukan waktu atas kematiannya. Allah merahasiakan kematian. Dengan cara apa kematian itu terjadi. Allah menampakan ribuan kematian dengan berbagai macam. Ada yang mati dengan baik, ada juga mati dengan buruk. Seseorang terhidar dari musibah tetapi tidak bisa terhindar dari kematian. Allah menentukan apakan sedang shalat, berkendaraan, dan lain-lain.

Yang menarik adalah persiapan kita dalam menjemput kematian. Bagaimana memiliki seni mati, mati yang dikehendaki oleh Allah. Terbaik menurut Allah. Manusia yang menentukan bagaimana akhir kehidupannya. Apabila dia berbuat jahat atau buruk jika tidak bertaubat maka matinya buruk. Sbaliknya, jika baik maka baik pula.

Berapa lama kita hidup?

Usia umat nabi muhammad tidak lebih dari 60 tahun. Lebihnyya adalah bonus umur. Hidup sangat singkat. Kita belum tahu kita masih hidup/mati. Hidup adalah sekrang. Kita harus beriman, taqwa, jujur dan ikhlas dalam islam. Sesunggguhnya kita amat terlambat untuk ini. Harus ada percepatan dalam selalu beribadah. Islam yang melekat dalam diri kita.

Ali bin Abi Thalib, berkata : bila mana manusia bangun dari tidurnya maka dia telah mati sesaat sebelum bangun dari tidurnya.

Al Qur'an Surat Al Mu'minun ayat 112-114

قَالَ كَمْ لَبِثْتُمْ فِي الْأَرْضِ عَدَدَ سِنِينَ

Allah bertanya: "Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?" 112

قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ فَاسْأَلِ الْعَادِّينَ

Mereka menjawab: "Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung". 113

قَالَ إِنْ لَبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا ۖ لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Allah berfirman: "Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui" 114


Perjalanan hidup manusia
Al Qur'an surat Al Baqarah 28

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ۖ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan? Al Baqarah 28

Allah menciptakan manusia itu dalam keadaan fitrah, manusia itu yang membuat dia yahudi atau nasrani, majusi. Dosanya bisa dihilangkan. Tetapi kebutuhn beribadah kepada Allah adalah permanen. Panduan kepada Allah sungguh ada. Sesungguhnya dunia ini menipu kita. Sebagian manusia melupakan kematian dan hari akkhir.

QS. Muhammad 12 yang artinya "Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang mukmin dan beramal saleh ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. Dan jahannam adalah tempat tinggal mereka."
QS. Al baqarah 201 yang artinya "Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."


Jika hati, panca indra tidak digunakan seperti binatang. Jika perbuatan buruk yang dilakukan diulang-ulang sepeti anjing, Halal dan haram dilakukkan. Hidup bagaikan lingkaran syaitan. Kita tidak perlu dibuat-buat sendiri. Kita sudah memiliki petunjuk dalam agama adalah Al Qur'an. Kebahagian hidup untuk mereka sendiri.

QS. Al Hadid 20 yang artinya "Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu."

  • Fananya dunia dunia selalu berubah. Bukan kekal.
  • Peroses pembusukan.
  • Peradaban masa lalu
  • Dunia adalah Alat bukan tujuan.
  • Tujuan kita sesungguhnya adalah mencari ridho dan surga Allah.
  • Musibah dan bencana
  • Anak-anak yang dititipkan diamanahkan, istri suami, harta dan sebagainya. Kita tidak bisa menduga-duga kematian.
  • Ancaman penyakit di sekitar kita. seperti Virus, racun, jamur, karsinogen, bakteri, polusi, kuman, parasit.
  • Penuanaan
  • Saat muda waktu yang sangat ideal semangat beribadah, jika saat tua adalah masa terlambat.
  • Tahun-tahun akhir kehidupan, Siapapun kita, pada akhirnya akan menghadapi ketidakmampuan dan berbagai komplikassi lain yang berkaitan dengan umur.
  • Kulit
  • Tulang
  • Kehilangan rassa, respon dan lain-lain.
  • Kematian manusia
  • Hidup smkin jauh detik demi detik setiap hari membawa kita semkin dekat dengan kemtian.

QS. Al jumuah 8 yang artinya "Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan."

Allah selalu merekam apa yang kita perbuat. Catatan malaikat Raqib dan Malaikat Atid. Imam Al Ghazali berkata "Malunya kita ketika diperlihatkan segala perbuatan kita oleh Alllah.

Detik-detik hidupku

Bila saatnya tiba tiada seoranngpun yang bisa menundanya. Jihad dijalan Allah adalah mati paling tinggi
QS. An Nahl 61 yang artinya "Jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya."

Kita belum tahu kebenaran tetapi kita sudah mati, tidak berdaya, mintalah ampun kepada Alllah

Hadist Bukhori
3 perkara
Keluarganya harta dan amalnya. Keluarga dan hartanya akan kembali. Amalnya tinggal bersamanya kelak di akhirat.

Selesaikah segala urusan dengan kematian? Urusan kita menghadapi pertanggungjawaban semua apa yang kita lakukan.
QS. Al Haqqah 27-29
Artinya "Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu (27) Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku.(28) Telah hilang kekuasaanku daripadaku."(29)

QS. Yasin : 65
Artinya "Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan."

Memilki seni mati dalam kehidupan kita. Kematian yang terbaik adalah yang kita raih. Mati dalam beribadah. Ambil pelajarn pada tiap-tiap kematian manusia. Allah akan mengadili kita dan kita akan mempertanggungjawabkan, tak ada yang bisa menghindar. Mudah-mudahan hanya amal-amal yang baiklah, yang didapat. Dikatakan Umat islam yang bangkrut adalah Apabila begitu banyak kesalahan dari kebaikan yang diperbuatnya. Kebaikannya akan habis oleh keburukan yang telah dilakukan atau diperbuatnya. (Hadis)

Petunjuk adalah islam. Siapa yang benar maka benar sebaliknya, siapa yang tinak benar maka tidak benar pula.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media