Hosting Indonesia

Hal yang terkait dengan keseharian kita

Ada seorang Sahabat berjalan menuju shalat, kemudian mendapatkan duri ditengah jalan. Dimana duri tersebut akan bisa mencederai yang lewat. Maka sahabat yang melewati duri itu, menyingkirkan duri. Maka Allah bersyukur dan mengampuni, atas orang itu. Makna duri disini adalah Segala sesuatu yang menyakitkan walau bukan duri. Misal pecahan botol, kulit pisang, tali yang akan melilit, dll.

Orang yang syuhadak atau mati syahid menjadi Pusat perhatian oleh para malaikat. Siapakah para syuhadak tersebut.
1. Orang yang terkena penyakit lepra,
2. Orang yang terkena penyakit perut mengeras hingga mati,
3. Orang yang tenggelam,
4. Orang yang terkena reruntuhan saat bencana, dan
5. Orang yang mati dijalan Allah.

Kesemua orang yang telah mati dimandikan kecuali Orang yang mati dijalan Allah tidak dimandikan. Langsung dikubur

Nabi bersabda : Apabila orang yang mengetahui panggilan adzan dan mengetahui keutamaan shof pertama dalam berjamaah, tidak ada cara lain dengan undian. Semangat berebut dalam mengisi shof pertama dalam berjamaah walaupn tidak dikongkritkan. Demikian juga. Jika ia mengetahui, saat terik matahari yaitu saat shalat zuhur. Saat shalat subuh dan pada saat shalat isya. Walau dia harus ngesot atau berjalan dengan pantat. Sangat berat adalah mengerjakan shalat zuhur, shalat isya, dan shalat subuh.

Nabi bersabda : sebaik-baik shof bagi laki-laki adalah paling depan dan seburuk-buruk shof bagi laki-laki adalah paling belakang. Nabi : kita ini diutamakan dengan dibandingkan dengan umat lain. Ada tiga keutamaan pada shof pertama.
1. Shofnya para malaikat. Kita berdiri berjamaah seperti bangunan yang kokoh. Posisi Kaki kanan hampir bersentuahan dengan jamaah yang lain dan posisi kaki kiri hampir bersentuhan pula dengan jamaah yang lain. Menjadi lebih sempurna shofnya dengan merapat.
2. Seluruh bumi, gunung, tanah, rumput, dan masjid adalah sebagai tempat untuk sujud dengan catatan tempat tersebut suci.
3. Allah jadikan tanahnya bumi sebagai hal yang suci. Jadi alat untuk bersuci ketika tidak ada air. Dengan cara tayamum. Tanah dapat membersihkan najis.

Nabi bersabda : Allah dan seluruh Malaikat menyampaikan shalawat kepada orang yang menyambung shof yang pertama. Allah bershalawt kepada manusia, adalah dengan makna memberi rahmat. Dan Malaikat berselawat kepada orang yang menyambung shof yang pertama. Bermakna memohonkan ampun. Dan tidak ada langkah kaki yang dicintai oleh Allah. Adalah langkah untuk mengisi shof.

Nabi bersabdda : Tidak akan henti-hentinya apabila dia itu selalu mengakhir-akhirkan shof, Allah akan mnegakhirkannya dengan Neraka.

Demikian semoga bermanfaat. Inilah Hal yang terkait dengan keseharian kita. Wallahu'alam bishowab

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media