Hosting Indonesia

Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 H

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Kampung Gelgel, Klungkung Bali. Dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dari Pra Maulid dan Acara Inti dengan Tausyiyah oleh Ust. H. Safwin dari Kabupaten Klungkung. Acara dimulai dari Shalat magrib berjama'ah, kemudian acara santap malam bersama. Sering penduduk desa menyebutnya dengan acara "megibung". Megibung adalah menikmati nikmat Allah yang diberikan kepada Hambanya dengan makan secara berjamaah.


Ust. H. Safwin menyampaikan beberapa isi tausyiyahnya. Dalam Firman Allah SWT.
Ya aiyuhalllaaji na amanu Istajibuu lilllllahi warrosuli..

Semoga dalam rahmat Allah, duduk dimasjid dirumah Allah. Semoga mampu memberikan. Aura terhadap kesucian batin kita. Peringatan maulid harus kita maknai secara benar. Adalah sebuah Teradisi yang tidak dilarang. Dikemas dalam nuansa keagamaan dia akan bisa menjadi sesuatu ibadah. Intinya adalah tahlil pembelajaran dan pendidikan. Hakekat kelahiran Nabi Muhaammad adalah utusan. Allah rahhmatallil’amin. Yang menyampaikan tugasnya kepada ummatnya.

Ada enam hak atas muslim lainnya.
Pertama, ucapkan salam jika bertemu dengan orang muslim. "Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh" baru hal yang lainnya. Yang muda kepada yang tua, siapa yang pertama mengucapkan salam maka dia yang utama disisi Allah. Jangan sampai diam-diam. Semoga engkau diberikan rahmat dan barokah. Yang menjawab dapat barokah. Kehormatan itu adalah Salam. Dengan cara yang lebih baik. Jawablah dengan lengkap. Sabda Nabi : “Datang seorang sahabat. Mengucapkan Assalamu’alaikum. Rasulllaah mengatakan bahwa ada 10 pahala, Assalamu’alaikum warahmatullahi Rasullah mengatakan bahwa ada 20 pahala, Assalamu’alaikum warahmatullahi Rasullah mengatakan bahwa ada 30 pahala.” Sunah rasul : “Barang Siapa yang gemar mengikuti sunnahKu maka bersamaKu di surga.”

Kedua, jika di undaang maka hadirlah. Hadir adalah perintah dari Rasulallah. Jangan diundang kalian tidak hadir. (HR. Musllim)

Ketiga, jika diminta memberikan nasehat maka nasehatilah. Jika menjadi seorang beruntung jika “watasaubilhak watasaubishob” yaitu nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Al Quran kami turun kepada hamba yang pilihan. Ada manusia atau mereka yang menzalimi diri mereka sendiri contoh suka melanggar perintah Allah. Jangan melanggar ketentuan Allah. Hidup manusia sampai ± 60 tahun. Maka dari itu Ceklah ibadah anda dari perhari, perbulan, pertahun.

Ada beberapa kiat-kiat memperpanjang umur manusia. Yang sulit adalah membangun kemauan. Melakukan shalat berjamaah dimasjid. Shalat jamaah subuh, diawali dengan shalat tahiyatul masjid dan dilanjutkan dengan shalat qabbliyah subuh, kemudian shalat fardhu berjamaah. Kita motivasi diri kita dengan gerakan cinta masjid. Barang siapa yang shalat subuh berjamaah 40 hari terus-menerus, tanpa boleh masbuk. Rasulallah mengatakan bahwa orang tersebut dijamin keterbebasan dari siksa dan fitnah. Beri’tikaf dimasjid dari Magrib-isya adalah pahala sama dengan pahala shalat isya.

Rajin membaca Al Quran, dipahami dan diamalkan. Hiasi Al Qur’an dengan suara yang sangat indah. Celaka atau rugilah orang yang membaca Al Qur’an tetapi tidak mentadaburi. Masing-masing orang agar memilki Al Qur’an agar dapat lebih mudah membaca.

Tugas Rasulallah, menjadikan manusia ini, hidup dengan suci dan kembali suci. Membentuk manusia yang beragama dan bermantabat. Baca Al Qur’an secara rutin sebisa mungkin tiap lima waktu shalat fardhu. twit @bang_ijang

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media