Hosting Indonesia

Ikhlas

Dalam hati, jarang bertanya-tanya kenapa bulan Ramadhan ramai di awal, kosong ditengah dan lebih kosong di akhir. Apa sebabnya? Karena kurangnya keihklasan. Ketika اَللّهُ mengusir syaitan. syaitan meminta, bahwa syaitan akan menggoda semua manusia kecuali
orang yang ikhlas dalam melaksnakan ibadah kepada اَللّهُ . Awal Bulan Ramadhan ramai karena semua semangat dan ikhlas. Mereka berniat, Saya mau shalat tarawih, tadarus, ibadah. Kemudian sepekan, mulailah pikirnnya macam-macam, ada yang mau beli pakaian, mudik dan lain-lain.

Dosa-dosa yang dianggap biasa. Begitu banyak kegiatan kita, yang sebenarnya perbuatan dosa tetapi dianggap biasa. Nah, untuk Usia 60 ke atas jika masih melakukan dosa, maka belajar untuk jauhkan diri dari sifat dan sikap dosa tersebut.

Dosa-dosa yang dianggap biasa itu sebagai berikut :
1. Riya' dalam beribadah, misalnya shalat, jangan berniat untuk pamer karena riya itu adalah satu syirik kecil.
2. Tia'aroh, menggantungkn diri terhadap sesuatu, misalnya jika bukan hari ini dia tidak berangkat kerja, jaman dulu dengan menerbangkan merpati jika kekanan maka jalan sebaliknya jika terbang ke kiri maka tidak jalan.
3. Tak tumakninah dalam shalat, maka sempurnakanlah sujud, rukuk, tata tertib shalat, dan rukun shalat.
4. Masuk masjid sehabis makan. Mulut berbau tanpa siwak, sehingga menggangu jamah.
5. Wanita keluar rumah dengan memakai parfum sehingga menggoda laki-laki. Ancamannya cukup berat, hadis: "cara membersihknnya harus mandi besar." Yang dibolehkan scara syar'i, tidak berwarna dan tidak menyengat.
6. Diatsah, hilangnya rasa cemburu. Jika suami memberikan ijin istrinya dengan laki-laki lain misal tukang ojek. Maka akan terjadi kemungkaran dikeluarga kita.
7. Berbisik, diantara 3 orang, 2 orang yang berbisik, 1 orang tidak diajak maka jadi harus diberi tahu.
8. Mendengar pembicaraan orang lain.
9. Meratapi jenazah secara berlebihan. Menangis meraung-raung.

Apabila dalam diri kita muncul sikap Riya' dalam beribadah, hendaklah instrofeksi diri. QS. An Nisa, "Sesunghnya orang munafik itu... ."

Syaitan sangat memalingkn kita dalam beribadah, syaitan musuh kita. Sampai kapan pun syaitan tidak senang dalam orang kuat melaksnakan ibadah. Maka dari itu Waspada dan terapkan rasa ikhlas. wallahu'alam bishowab.

www.bangijang.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media