Hosting Indonesia

Nasehat

Firman Allah dalam Al-Quran yang berbunyi,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang2 sebelum kamu. Mudah2an kamu bertakwa” (QS. Al -Baqarah:183)

Semoga kita dipertemukaan kembali pada bulan puasa yang akan datang. Nasehat orang tua, jangan duga sia-sia memberi nasehat atau tidak ada manfaat. Di usia lanjut maka akan terngiang-ngiang di ingatan kita. Dalam Hadist, Nasehat rasul اَللّهُ kepada Anas bin Malik. Anas Adalah pembantu rasul selama sepuluh tahun. Hadist : nasihat ini tidak dikerjakan. Rasul berkata, ya Anas, mengenal panggilan اَللّهُ kepada orang-orang yang beriman, panggil mesra dari اَللّهُ . Wahai Anas, (jangan memanggil dengan yang buruk-buruk) Nabi begitu santun kepada pembantu). Aku berwasiat kepada mu, perhatikan, dan jaga nasehat itu.

Pertama, perbanyak sholat malam. اَللّهُ menjalankan nabi diantara malam-malam. karena akan dicintai oleh penjaga oleh اَللّهُ dan malaikat-malaikat اَللّهُ . Puasa mengubar malam. Ketika gundah, kesumpekan hati maka mendekatlah kepada اَللّهُ. Nie disebut taqwa. Ketakutn itu akan hilang.

Kedua, apabila kamu memasuki rumahmu atau rumah teman, keluarga, maka berilah salam kepada mereka. Karena salam itu menyebarkan keselamatan, kedamaian. Maka tambah barokah kehidupannya.

Ketiga, ketika masuk kamar tidurmu kecuali dalam keadaan suci. Maka berwudhu knp? Nabi bersabda : apabila kamu punya wudhu ketika tidur di kamar tidur, ketika mati maka matinya adalah syahid. Perumpamaan orang yang berkumur-kumur dalam berwudhu, berkumur tidak hanya memasukkan air kedalam mulut kemudian membuangnya. Tetapi jika dihayati maka menjaga mulut kita dari pembicaraan yang menyakit orang.

Keempat, apabila keluar dari rumahmu, hendaklah memnyampaikan salam kepada setiap orang yang ketemu, walau tidak kenal. Maka اَللّهُ tambah kebaikannya. Membiasakan memberi salam. Hormati yang lebih tua dan kasih sayangi yang lebih kecil. Bersikaplah Santun kepada sesama. Semoga اَللّهُ senantiasa memberikan kemudahan segala urusan, baik di dunia dan di akhirat. Kebenaran datangnya dari اَللّهُ kesalahan datangnya dari diri kami sesuai dengan ilmu kami miliki.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media