Hosting Indonesia

Sempurnakanlah...

Luar biasa pada bulan ramadhan, amal di lipat gandakan. Penuh Magfiroh, penuh ampunan, pembebasaan dari api neraka. Hal yang patut kita syukuri, lebih banyak menimba ilmu, baik dari mendengar kultum, ceramah, kuliah subuh dan media masa.

Jika betul kita manfaatkan maka manfaatnya akan luar biasa, disamping amalan kita meningkat, dan menjadi kebiasaan. Ketika ramadhan dari yang kurang ibadah menjadi rajin, misal shadaqah, dimana shadaqah itu menjdi orang dermawan, kata rasul اَللّهُ dermawan, dekat dengan اَللّهُ , dekat dengan manusia. Firman Allah dalam surat Al Baqaarah ayat 183-187, ayat menjelaskan tentang ibadah puasa.

Yang sangat penting atau catatan bagi umat islam. اَللّهُ tidak kehendaki kesulitan dan tidak kehendaki kemudahan. Tiadalah atas kalian dalam soal agama itu diberi kemudahaan. Keharusan menyempurnakan puasa kita, tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil adalah cara mensyukuri, beribadah dan bisa melaksanakannya merupakan ekpresi syukur kepada اَللّهُ. Allah dekat dengan kita, jangan sampai اَللّهُ memarahi kita, kita merasa diawasi اَللّهُ, maka tidak boleh berbohong pada diri sendiri. Misal dalam puasa tepat pada bulan Ramadhan ini.

Dalam Hadist menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) penghuni surga, diantaranya :
  • Orang yang membaca Al Qur'an penuh. Cermat dan pengamalannya.
  • Orang yang senantiasa menjaga lisan.
  • Orang yang memberi makan orang yang lapar, misal memberi takjil. Sabda Rasul : orang yang memberi ta'jil kepada orang yang berpuasa, akan mendapatkan pahala seperti orang yang diberi tanpa pengurangan sedikitpun.

Ibadah ramadhan, sesuatu yang hukumannya adalah yang bersifat pokok/mesti/wajib bagi mereka yang memenuhi ketentuan dalam ibadah puasa. Mendapatkan Ruhshoh/keringanan/dispensasi, jika dapat kesulitan atau kesukaran. barang siapa yang mengerjakan fardhu dibulan ramadhann, maka seakan menunaikan 70kali fardhu. Misal : salat, silaturrahmi, nafkah. wallahu'alam bishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media