Hosting Indonesia

Pengembangan Indikator

Nilai-Nilai Agama dan Moral
Indikator
• Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan, Misal : manusia, bumi, langit, tanaman, hewan
• Memberi makanan pada hewan
- Menyirami tanaman
- Menyayangi sesame teman
- Menyebutkan macam-macam agama
- Menyebutkan hari-hari besar agama
• Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
• Menyebutkan tempat-tempat ibadah
• Menyebutkan waktu-waktu beribadah
• Meniru pelaksanaan kegiatan ibadah secara sederhana,
missal : sikap berdo’a, gerakan sembahyang, dll
• Berdo’a sebelum melakukan kegiatan
• Berdo’a sesudah melakukan kegiatan
• Berbicara/berbahasa yang baik/sopan dengan sesama teman
• Berbicara/berbahasa yang baik/sopan dengan orang dewasa
• Berpakaian rapi di rumah
• Berpakaian rapi di sekolah
• Berpakaian rapi disesuaikan dengan keperluan
• Tidak mengganggu teman
• Meminta tolong dengan sopan
• Mudah bergaul/berteman
• Selalu bersikap ramah
• Memiliki toleransi terhadap sesame
• Memiliki rasa dermawan
• Meminjamkan miliknya dengan senang hati
• Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
• Mau berbagi miliknya, missal : makan, minum, dll
• Mau menghormati teman, guru, orang tua atau orang dewasa lainnya
• Mau mengalah
• Suka menolong teman
• Saling membantu sesama teman
• Mau diajak kerjasama dalam tugas
• Membiasakan diri mengucapkan salam
• Membiasakan diri membalas salam

Sosial Emosional
Indikator
• Mampu memilih kegiatan sendiri
• Mampu bekerja sendiri
• Melaksnakan tugas yang diberikan sampai selesai
• Mau meminjamkan milikinya dengan senang hati
• Mau berbagi dengan teman
• Bersedia bermain dengan teman
• Dapat atau suka menolong
• Dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas
• Saling membantu sesame teman
• Mengikuti lomba dalam permainan
• Bersikap sportif dalam permainan
• Sabar menunggu giliran
• Mengendalikan emosi dengan cara yang wajar
• Dapat dibujuk
• Tidak cengeng
• Senang bila mendapatkan sesuatu
• Mengikuti aturan permainan
• Berhenti bermain pada waktunya
• Mampu mengerjakan tugas sendiri
• Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya
• Berani tampil di depan umum
• Berani mempertahankan pendapatnya
• Mengenal dan menghindari benda-benda yang berbahaya
• Mengenal dan menghindari obat-obatan yang berbahaya
• Menjaga kebersihan diri sendiri
• Membuang sampah pada tempatnya
• Memelihara lingkungan, missal : tidak mencoret-coret tembok
• Mengembalikan mainan pada tempatnya setelah digunakan
• Memilihara milik sendiri
• Memuji teman
• Menghargai hasil karya temannya/orang lain
• Menghargai pendapat temannya/orang lain

Bahasa
Indikator
- Menerima bahasa
• Mendengarkan orang tua/teman berbicara
• Memusatkan perhatian dalam jangka waktu tertentu
• Menirukan kembali 3-4 urutan kata
• Melakukan 2 perintah secara sederhana
• Melakukan 2-3 perintah secara bersama
• Mendengarkan cerita sederhana
• Menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
• Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita
• Menunjukkan gambar yang berkaitan dengan kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
• Menyebutkan sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita yang didengarnya
- Mengungkapkan bahasa
• Menirukan kalimat yang disampaikan secara sederhana
• Mengulang kembali kalimat sederhana
• Menjawab pertanyaan tentang informasi/kejadian secara sederhana
• Dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, mengapa, dimana, dsb.
• Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
• Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
• Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
• Mengucapkan syair dengan ekspresi
• Menyanyikan lagu anak
• Menyebutkan kembali kata-kata yang baru di dengar
• Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Missal kali-kali atau suku kata akhirnya sama. Misalnya : sama-sama, dll
• Menyebutkan nama benda yang diperlihatkan
• Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenal
• Berani mengungkapkan pendapatnya
• Mengutarakan pendapat kepada orang lain
• Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa
• Memberikan pendapat tentang suatu persoalan
• Melakukan diskusi secara sederhana (tentang pergi rekreasi/tugas kelompok)
• Berani menyatakan alas an terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
• Menceritakan kembali isi cerita/dongeng yang pernah di dengar secara sederhana
• Menurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
- Keaksaraan
• Menghubungkan gambar/benda dengan kata
• Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya
• Menyebutkan berbagai bunyi/suara tertentu
• Menirukan berbagai bunyi/suara tertentu
• Membuat berbagai macam coretan
• Menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf
• Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang dibuatnya
• Menjiplak huruf
• Menebalkan huruf
• Meniru huruf
• Membuat huruf

Kognitif
Indikatir
- Pengetahuan umum dan sains
• Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsinya
• Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
• Bermain simbolik dengan benda-benda di sekitar
• Menggunakan sebab akibat, missal : mengapa sakit gigi?, mengapa kita lapar? Dll
• Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
• Menyatakan membedakan waktu (pagi, siang, malam)
• Mengetahui nama-nama hari dalam Satu
• Minggu, bulan, tahun
• Mengenal terjadinya hujan
• Mengenal terjadinya banjir
• Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika : wana dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-bantangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan kedalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, baud an suara
- Konsep bentuk warna, ukuran dan pola
• Memasangkan benda sesuai pasangannya menurut fungsi
• Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut cirri-ciri tertentu
• Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan dan tanaman menurut jenisnya
• Menunjuk benda kedalam kelompok yang sama
• Mengelompokkan benda yang sama
• Menunjuk benda yang sejenis
• Mengelompokkan benda yang sejenis
• Mengelompokkan benda yang berpasangan dengan dua versi
• Meniru pola dengan menggunakan berbagai bentuk
• Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan, missal : merah, putih, merah, putih, merah, …
• Mengurutkan benda dari besar-kecil atau sebaliknya (5 seriasi)
• Mengurutkan benda dari panjang-pendek atau sebaliknya (5 seriasi)
• Mengurutkan benda berdasarkan warna (5 seriasi)
• Mengurutkan benda dari tebal-tipis atau sebaliknya (5 seriasi)
- Konsep bilangan, lambing bilangan dan huruf
• Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama
• Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
• Membilang banyak benda dari 1 sampai 10
• Membilang/menyebutkan urutan bilangan 1-10
• Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10
• Menunjuk urutan benda untuk bilangan sampai 10
• Menunjuk urutan bilangan 1-10 dengan benda
• Menunjuk lambing bilangan 1-10
• Meniru lambing bilangan 1-10
• Menghubungkan/memasangkan lambing bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak di suruh menulis)
• Menunjuk lambing huruf di lingkungan sekitar anak
• Menghubungkan gambar/benda dengan lambing huruf
• Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana


Fisik Motorik
Indikator
- Motorik kasar
• Menirukan gerakan binatang peliharaan, binatang yang dapat terbang
• Menirukan gerakan pohon sepoi-sepoi, pohon tertiup angin kencang, dll
• Menirukan gerakan pesawat terbang (mau terbang, gerakan di udara dan gerakan mendarat, dll)
• Memanjat, bergantung, dan berayun
• Bergelayut
• Melompat dengan dua kaki atau satu kaki dengan seimbang
• Melompat dengan tali, dll
• Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
• Melompat dengan rintangan
• Berlari di tempat
• Berlari cepat
• Berlari sambil melompat
• Berlari sambil meloncat
• Melompat, meloncat, dan berlari dengan rintangan
• Menangkap kantong biji, bola, dll
• Melambangkan dan menangkap kantong biji, bola, dll
• Melempar dengan berbagai media, missal : bola, kertas, balon ke tempat yang telah ditentukan
• Memantulkan bola besar (diam di tempat)
• Memantulkan bola besar sambil berjalan/bergerak
• Berjalan maju pada garis lurus
• Berjalan diatas papan titian, berjalan berjinjit
• Berjalan mundur dan kesamping pada garis lurus sejauh 1-2 meter
• Melakukan gerakan menghindar dari hal-hal yang berbahaya
• Menendang bola dengan terarah
• Bermain dengan alat permainan dari luar, missal : ayunan, jungkitan, perosotan, dll
• Bermain dengan simpai (bebas, melompat dari simpai, merangkak dalam terowongan dari simpai, dll)
• Naik sepeda roda dua (belum seimbang)
• Naik turun tangga 2-5 anak tangga
- Motorik halus
• Meniru membuat garis tegak, datar, miring, kiri/kanan
• Membuat segi empat
• Menjiplak bentuk geometri
• Menjiplak bentuk binatang
• Menjiplak bentuk benda-benda di sekitar
• Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
• Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali
• Meronce dalam manik-manik
• Menganyam dengan kertas
• Mencocok dengan pola buatan guru
• Menggunting bebas
• Merobek kertas
• Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan playdought/tanah liat
• Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan leggo
• Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus
• Menciptakan 2 bentuk bangunan dari balok
• Menciptakan 2 bentuk dari kepingan geometri
• Menciptakan alat perkusi sederhana
• Melukis dengan jari (finger painting)
• Menyanyi 15 lagu anak-anak
• Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana
• Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama/ritmik
• Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musik
• Mengikuti gerakan tari sederhana sesuai irama musik
• Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi
- Kesehatan fisik
• Mengukur berat badan
• Mengukur tinggi badan
• Pemeriksaan UKS dan mengukur lingkar kepala
• Makan makanan yang mengandung gizi seimbang

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media