Hosting Indonesia

Al Baiyinah

Hadist : "Rasulullah bersabda : barang siapa dalam menuntut ilmu, maka surga mencarinya, sebaliknya barang siapa yang tidak menuntut ilmu maka neraka mencarinya".

Al Qur'an Surat Al-Bayyinah terdiri atas 8 ayat, termasuk golongan surat-surat makiyah menurut zumhur ulama, surat ini turun dua kali di kota makkah, menunjukkan keagungan.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمـَنِ الرَّحِيمِ
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ
1. Orang-orang kafir yakni ahli kitab
dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,

رَسُولٌ مِّنَ اللَّهِ يَتْلُو صُحُفًا مُّطَهَّرَةً
2. (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Qur’an),

فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ
3. di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus.

وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلاَّ مِن بَعْدِ مَا جَاءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ
4. Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.

وَمَا أُمِرُوا إِلاَّ لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
5. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta’atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus[2] dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا أُوْلَئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ
6. Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُوْلَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ
7. Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.

جَزَاؤُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ
8. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

Tafsir :
Tidak akan mereka menjadi, mereka orang-orang kafir tidak mau melepaskan aqidahnya, mereka selalu meyakini. Sehingga datang kepada mereka seorang Nabi yaitu Nabi Muahmmad saw. Kecuali datang bukti yang nyata. yang datang adalah Rasulallah. Ketika datang utusan Allah, Nabi Muhammad saw. Allah berfirman, kelak Aku bacakan kitab yang mensucikan, yang menerangkan hukum, kitab-kitab yang terdahulu seperti kitab  taurat, kitab zabur, kitab injil semua kitab tersebut dijelaskan dalam Al Qur'an. Ketika Nabi Muhammad menjelaskan kitab Al Qur'an. Padahal Nabi tidak bisa membaca dan menulis. Mereka menyaksikan kebenaran Nabi atas kebesaran Allah. Ada umat yang taat kepada ajaran Nabi ada juga yang mengkufuri. Tak ada bercerai berai mereka berpecah. Orang yang ahli kitab dan musyrikin setelah datang kepada mereka surat Al Baiyinah. Al Qur'an adalah mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Setiap umat terdahulu mendapatkan kabar dari Nabi pemimpin umatnya, memberikan kabar gembira. Apakah Nabi Adam? Apakah Nabi Nuh, yang Allah selamatkan dari banjir terbesar. Apakah Nabi Ibrahim, Apakah Nabi Ismail. Nabi Muhammad ada yang mengimani dan ada yang mengkufuri, dikarenakan sifat hasad atau gengsi kepada Nabi.

Kita bersyukur, menjadi umat Nabi Muhammad saw. Bagaimana mukjizat Nabi? Semua mukjizat yang diberikan kepada Nabi-nabi terdahulu diberikan kepada Nabi Muhammad saw. Nabi terdahulu tidak dimiliki adalah kitab suci Al Qur'an. Iman dan dua kalimat syahadat adalah rukun yang harus ada pada diri kita. Al Qur'an berisi perintah-perintah untuk beribadah kepada Allah, Kitab  taurat, kitab zabur, kitab injil kecuali hanya untuk menyembah kepada Allah secara ikhlas dan betul-betul meyakini, bersungguh-sungguh untuk berpegang teguh kepada Tuhannya Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad saw. Perintah shalat lima waktu, Allah telah perintahkan kepada umat-umat terdahulu, wajibkan sebelum adanya Nabi Muhammad, zakat, itulah agama yang lurus. Allah menyebutkan ibadah shalat dan zakat karena memuliakannya. Shalat adalah berhubungan kepada Allah dan zakat adalah hubungan kepada manusia hablumminannas.

Jika tidak meyakini, kelak ia akan dimasukkan di neraka jahannam. Selama-lamanya akan di azab oleh Allah SWT. mereka adalah manusia sejelek-jeleknya atau sebejat-bejatnya berada di neraka Jahannam. Sesunggunya azab kepada orang musyrik/kitab yang mengkufuri maka akan mendapatkan azab setingkat kekufuran yang telah mereka lakukan di dalam neraka jahannam.

Manusia terburuk karena mereka telah menebarkan kekufuran, lebih buruk dari orang bodoh. mengkufuri disertai ia mengetahui, sebaliknya orang yang mengimani Al Qur'an dan Rasulnya adalah orang yang beriman dan beramal sholeh. Mereka orang sebaik-baiknya manusia, balasannya adalah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungai -sungai terbagi menjadi empat antara lain : Sungai Al Khamar (berbeda dengan yang ada di dunia), Sungai yang jernih, Sungai Madu (seperti Tawon dimana tawon memakan dan meminum yang baik-baik maka akan mengeluarkan hasil yang baik pula. Jangan seperti lalat karena dimana-mana ia hinggap maka akan merugi) dan Sungai Susu. Menurut Imam Ghozali, minuman khamar akan terbang, sambil menikmati taman-taman surga, akan mulia dalam menikmatinya.

Jadilah manusia yang sebaik-baiknya manusia. Kisah ketika Nabi perang, memotong pohon diharamkan karena merusak lingkungan. Manusia yang mulia dan beramal sholeh mendapatkan ganjaran surga yang mengalir mata air-mata air. mereka akan kekal samapai selama-lamanya. Mudah-mudahan menjaukan dari kekufuran. wallahu'alambishowab.

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media