Hosting Indonesia

Keutamaan hari-hari dari pada 10 Dzulhijjah

Semoga tetap dalam ketakwaan kepada اَللّهُ. dan kita termasuk dalam sabda Rasulallah saw. "Menghadiri majlis-majlis ilmu akan melebur 70 (tujuh puluh) majlis yang buruk yang telah kita hadiri." Jika kita dalam kehidupn mendatangi majlis-majlis yang buruk, insyaallah jika kita mendatangi majlis ilmu akan melebur majelis buruk tersebut.

Keutamaan hari-hari dari pada 10 Dzulhijjah

اَللّهُ berfiman dalam surat Al Fajr

Demi waktu fajar. Maksud fajar adalah waktu fajar di hari raya Idul Qurban atau hari kesepuluh bulan Dzulhijjah atau ketika hari raya I'd Adha. Demi malam-malam yang sepuluh dari bulan Dzulhijjah. Hanya saja اَللّهُ menamakan 10 Dzulhjah karena harinya 9 tetapi malamnya 10. Demi yang genap. Abdullah bin abbas meriwayatkan bahwa Genap adalah makhluk, sedangkan yang tunggal yaitu اَللّهُ SWT. Demi yang maha agung Dan demi malam yang telah datang yaitu malam takbir atau I'd adha.

Tidak dalam sumpah tersebut menjadikan sebuah pemikiran orang yang miliki akal. Betapa agungnya, besar keutamaan dari 10 Dzulhijjah dan apa yang ada didalamnya sampai disumpahkan olleh اَللّهُ SWT. Bagi orang yang berakal mengetahui keutamaannya. Manusia dimuliakan oleh اَللّهُ dari makluk lain karena mempunyai akal, segala ilmu dapat dimanfaatkan oleh akal manusia.

Riwayat Ikrimah putri dri Abu Jahal.
Ibnu Abbas r.a. Sesungguhnya rasul اَللّهُ bersabda dalam menjelaskan 10 Dzulhijjah. Pertama terima taubatnya nabi Adam a.s. dan اَللّهُ mempertemukan beliau diarafah dengan Siti Hawa, Nabi adam mengakui dosanya.

Nabi Ibrahim diangkat sebagai Nabi, Nabi Ibrhim diberikan rizki dalam menjamu tamu اَللّهُ atau orang-orang yang haji. Nabi Ibrhim a.s. diselamatkan dari kobaran api Raja Namrud.
“Siapa yang membuat kehancurn tuhan-tuhan kita” kata Raja Namrud. Ada yang mendengar Nabi Ibrhim yang melakukan. Raja Namrud mengumpulkan kayu bakar bersama pengikutnya selama 40 hari untuk membakar Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim memohon pertolongan kepada Allah, "Wahai api jadilah kamu dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim." Seluruh tubuh nabi Ibrahim tidak terbakar. Nabi sejuk dalam api tersebut. Nabi Ibrahim menyembelih putranya. Tawakal yang sempurna sebagaimana tawakal Nabi Ibrahim. اَللّهُ memerintahkan nabi Ibrahim membangun ka'bah, membangun tiang-tiang baitullah bersama nabi Ismail.

Nabi Musa a.s., munajat berbincang kepada اَللّهُ , diampuni nabi Daud as. Nabi muhammad saw. Membaiat (mengukuhkan) para saudara-saudara. Allah menurunkan ayat “alyauma akmaltulakkum...". Turunnya Ulil amri.

Apa amalan yang perlu kita amalkan keagungan yang اَللّهُ berikan.

1. Berpuasa, hari kedelapan dan hari keembilan atau hari Arafah pada bulan Dzulhijjah
Keutaamaan puasa arafah.
“Zaman rasul اَللّهُ seseorang laki-laki hobi menyanyi atau nasyid, jika sudah masuk daripada bulan Dzulhijjah orang ini berpuasa sembilan hari. Maka Terdengarlah oleh rasul اَللّهُ . Akhirnya orang itu dipanggil oleh rasul اَللّهُ . "Wahai orang laki-laki apa yang membuatkamu berpuasa," orang itu menjawab "ya rasul اَللّهُ adalah lambing-lambang siar ke agungan اَللّهُ , dan orang-orang muslim beribadah haji, aku ingin berpuasa dengan puasa ini semoga اَللّهُ memasukkan aku seperti mereka. Nabi menjawab "jika begitu setiap satu hari kamu puasa اَللّهُ akan ibarat memerdekakan 100 budak dan 100 unta serta 100 kuda yang dishodaqahkan, 1000 dari hari 8 Dzulhijjah, 10000 dari hari 9 Dzulhijjah. Melebur dosa yang sebelum dan yang akan datang." Dari Zabyr, “setiap harinya satu tahun puasa".

2. Shalat
Saidina Ali, meriwayatkan “Barang Siapa orang yang melaksanakan shalat besok dan nanti mlm. Dilakukkn dimalam hari. Sebanyak empat rakaat. Setiap satu rakaat membaca surat Al Ikhlas, satu rakaat surat Al Falaq, satu rakaat surat annas, satu rakaat ayat kursi tiga kali. Maka baginya اَللّهُ akan berikan umroh, jiarah ke makam nabi, dan seperti berjihad dijalan Allah.

Rizki berkah, umur, dijaga keluarganya, lebur, syakatul maut, cahaya, selamat azab kubur. Mudah-mudahan kita dimuliakan oleh اَللّهُ .amin

Komentar

Postingan Populer

Follow My Social Media